Mencegah Depresi Pada Anak Dengan Cara Menumbuhkan Sifat Optimis

Optimisme merupakan salah satu keyakinan (prasangka) yang baik dalam menghadapi berbagai hal. Orang yang memiliki sifat optimis akan senantiasa  lebih berani dalam menghadapi berbagai macam persoalan. Sifat optimis perlu ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini untuk menunjang perkembangan psikis anak. Optimis adalah salah satu sifat dan semangat posistif yang harus dimiliki oleh anak agar senantiasa mempunyai keberanian dalam menghadapi setiap tantangan dalam kehidupan.

Sifat optimis penting untuk ditanamkan pada anak-anak supaya mereka tidak mudah putus asa ketika menghadapi suatu persoalan. Anak yang memiliki sifat optimis akan memiliki kemampuan dalam mengendalikan perasaan stress sehingga akan terhindar dari depresi. Oleh karena itu peran orangtua sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan sifat optimis pada anak sejak usia dini.

Menumbuhkan Sifat Optimis Pada Anak

Kiat Menumbuhkan Sifat Optimis Pada Anak-Anak

Menerapkan pola asuh positif dan penuh kasih sayang

Langkah pertama untuk menumbuhkan sifat optimis pada anak yaitu dengan menerapkan pola asuh yang positif. Pola asuh merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi karakter seorang anak dalam tahap perkembangannya. Menerapkan pola asuh yang positif akan membawa banyak manfaat bagi perkembangan emosional dan mental anak. Pola asuh yang positif dan penuh kasih sayang akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Anak yang memiliki rasa percaya diri akan lebih berani dalam menghadapi tantangan dan pengalaman baru dalam hidupnya. Rasa percaya diri pada anak akan membuat mereka lebih mudah untuk bersosialisasi dengan lingkungan baru. Apabila rasa percaya diri anak sudah terlatih maka sifat optimis dalam diri anak akan mulai tumbuh.

Memberikan contoh yang baik

Sifat dan sikap anak merupakan cerminan dari orangtuanya. Anak-anak cenderung akan meniru setiap perilaku dan ucapan dari orangtua, baik itu yang bersifat negative ataupun positif. Ketika Anda memberikan citra buruk depan anak dengan bersikap pesimis maka hal tersebut akan di contoh dan anak akan tumbuh menjadi orang yang tidak mempunyai rasa percaya diri. Oleh karena itu untuk menumbuhkan rasa optimis dalam diri seorang anak, Anda sebagai orangtua harus menjadi panutan dan meberikan citra yang baik terhadap anak. Orangtua harus menunjukan sifat optimis pada anak-anak supaya mereka terstimulus untuk memiliki sifat tersebut. Apa yang dirasakan dan dilihat oleh anak dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan keluarga tentunya akan membekas sampai mereka tumbuh dewasa.

Melatih anak dalam menghadapi situasi yang beresiko kegagalan

Orangtua harus melatih anak untuk mengahadapi suatu kondisi yang di dalamnya melibatkan resiko dan kegagalan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan sifat optimis dalm diri seorang anak. Cara tersebut akan membentuk mental yang baik  dan tidak mudah putus asa dalm menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan. Anak yang dilatih menghadapi resiko dan kegagalan akan memiliki jiwa serta mental yang kuat ketika menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan sehingga anak tidak akan mudah putus asa dan depresi.

Peran penting orangtua dalam membantu anak untuk meraih kesuksesan

Langkah selanjutnya untuk menumbuhkan sifat optimis pada anak adalah dengan membantu anak dalam menggapai mimpi dan kesuksesan. Peran Anda sebagai orangtua dalam membantu mewujudkan impian anak tentunya akan membuat mereka lebih termotivasi dan lebih percaya diri. Motivasi untuk meraih kesuksesan anak bisa Anda lakukan dengan memberikan penghargaan ketika anak berhasil melakukan hal yang baik, misalnya anak berprestasi di sekolah. Cara tersebut akan membuat anak terstimulus untuk lebih baik lagi dan optimis dalam mengerjakan hal yang baik.

Related Posts

Share This