Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan

Musim hujan sangat rentan terhadap penularan berbagai macam penyakit. Infeksi virus dan bakteri lebih mudah menular pada musim hujan karena kondisi udara yang lembab memungkinkan mikroorganisme tersebut untuk berkembang lebih cepat. Anak-anak lebih beresiko dan rentan terkena penyaki pada musim hujan. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh anak masih sangat lemah sehingga tidak bisa beradaptasi dengan perubahan suhu. Kondisi tersebut memungkinkan terjadinya infeksi bakteri dan virus yang menyebabkan anak sakit.

Penyakit pada musim hujan memang masih dikategorikan ringan. Biasanya penyakit tersebut hanya berupa flu, batuk, demam dan pilek. Namun meskipun demikian, penyakit tersebut harus segera diatasi karena bisa mengganggu kenyamanan anak dan beresiko mengganggu perkembangannya. Mencegah penyakit saat musim hujan bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu dengan memberikan asupan makanan bergizi untuk anak.

Tips Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan Dengan Asupan Makanan Bergizi

Mencegah sakit pada musim hujan pada anak-anak bisa Anda lakukan dengan menerapkan kebiasaan makan teratur. Berikan asupan makanan bergizi untuk anak setiap harinya dan jadwalkan waktu makan yang teratur. Berikut ini daftar makanan yang bisa Anda sajikan untuk anak pada waktu musim hujan.

  • Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang terkenal dengan kandungan lemak omega-3. Disamping itu, salmon juga memiliki kandungan vitamin A dan asam amino yang berguna untuk menstimulus sel otak. Salmon bisa Anda sajikan dalam menu makanan anak untuk menjaga kesehatannya saat musim hujan. Ikan jenis ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh karena mengandung nutrisi yang berperan penting dalam penyerapan gula di dalam tubuh. Dengan begitu tubuh akan tetap fit dan terhindar dari bahaya infeksi virus serta bakteri pada musim hujan.

  • Sayuran hijau

Makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Sayuran adalah salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan nutrisi. Untuk menjaga kesehatan anak pada musim hujan, Anda bisa memberikan sayuran hijau secara teratur. Kandungan vitamin dan mineral pada sayuran sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebaln tubuh anak.

  • Buah-buahan

Kandungan vitamin C yang sangat melimpah pada buah-buahan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh anak pada musim hujan. Seperti yang kita ketahui bahwa buah sangat kaya akan kandungan vitamin C sebagai antioksidan tubuh. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan vitamin anak pada musim hujan dengan memberikan buah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Baca juga : Pilihan Nutrisi Yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Anak Pada Waktu Musim Hujan

  • Susu

Jika Anak Anda masih menyusu, maka berikan ASI secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuhnya pada musim hujan. ASI sangata kaya akan kandungan nutrisi untuk meningkatkan imunitas anak. Namun Jika anak Anda sudah berusia diatas dua tahun maka berikan susu sapi kemasan minimal dua gelas setiap harinya. Kandungan nutrisi susu sangat berguna untuk membentu meningkatkan sistem imun anak pada musim hujan. Dengan begitu anak Anda akan terhindar dari infeksi virus dan bakteri.

Disamping memberikan makanan bergizi untuk anak, Anda juga harus mengajarkan kebiasaan sehat pada anak seperti menjaga kebersihan tangan sebelum makan dan mengajaknya untuk berolahraga. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh anak akan meningkat sehingga terhindar dari infeksi penyakit berbahaya salama musim hujan. Semoga artikel yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kesehatan si kecil saat musim hujan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517