Menangani Permasalahan Perut Kembung Pada Bayi

Gangguan kesehatan seperti perut kembung tidak hanya dialami oleh orang dewasa, akan tetapi anak-anak bahkan bayi juga bisa mengalami hal tersebut. Perut kembung pada bayi bisa terjadi akibat gas yang menumpuk pada bagian perut. Kondisi ini tentunya akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan menjadi rewel.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung pada bayi seperti kekurangan asupan nutrisi atau adanya kelainan pada sistem pernapasan yang menyebabkan udara masuk ke dalam perut lebih banyak. Selain itu, perut kembung pada bayi bisa diakibatkan oleh susu formula. Bayi yang intoleransi terhadap laktosa sangat beresiko mengalami perut kembung ketika diberi susu formula. Perut kembung akan membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga bayi akan menjadi rewel dan menangis terus. Selain itu bayi akan terlihat gelisah dan tangannya menarik bagian perut.

Menangani Permasalahan Perut Kembung Pada Bayi

Tips untuk Menangani perut kembung pada bayi

Menghentikan pemberian susu formula. Penyebab perut kembung pada bayi salah satunya yaitu intoleransi terhadap laktosa yang terkandung dalam susu formula. Ketika bayi mengalami permasalahan tersebut sebaiknya menghentikan pemberian susu formula. Pemberian ASI untuk bayi memang lebih efektif dan lebih aman bila dibanding dengan produk susu formula.

Menepuk punggung bayi. Mengatasi perut kembung pada bayi bisa dilakukan dengan menepuk bagian punggung bayi dengan tepukan yang lembut. Hal ini bertujuan supaya bayi bersendawa sehingga gas yang ada di perut akan keluar. Ketika bayi sudah bersendawa maka perut kembung pada bayi akan berangsur pulih sehingga bayi akan merasa nyaman.

Memakai air hangat. Untuk menghilangkan gas di dalam perut bayi, Anda bisa memberikan air hangat untuk minum bayi. Selain itu, mandikan bayi menggunakan air hangat. Suhu tubuh yang hangat akan membuat gas di dalam perut bayi berkurang secara perlahan.

Memposisikan bayi untuk tengkurap. Posisikan bayi supaya tengkurap kemudian lakukan pijatan lembut pada bagian kaki dan punggung bayi. Cara tersebut akan membuat gas di dalam perut bayi keluar secara perlahan.

Mengusap bagian perut bayi. Supaya gas di dalam perut bayi berkurang, Anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan mengusap perut bayi menggunakan minyak telon khusus bayi. Kehangatan minyak telon dan pijatan lembut akan membuat bayi merasa nyaman sehingga tidak akan rewel.

Memberikan stimulus supaya bayi bergerak. Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan perut kembung pada bayi yaitu dengan memberikan stimulus supaya bayi mau bergerak. Ketika bayi melakukan pergerakan maka hal ini akan merangsang bayi untuk sendawa dan mengeluarkan gas di dalam perut.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika menangani perut kembung pada bayi. Apabila perut kembung pada bayi tak kunjung mereda dan bayi menjadi semakin rewel, alangkah lebih baiknya kalau Anda segera membawanya ke dokter.

Related Posts

Share This