Menangani Berat Badan Bayi Yang Kurus

Permasalahan berat badan memang merupakan hal yang tidak boleh disepelekan terutama pada bayi atau anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Bayi yang berat badannya di bawah kisaran standar atau berat badan yang tidak ideal bisa saja pertumbuhannya terhambat oleh faktor makanan atau faktor lingkungan. Permasalahan berat badan bukan hanya terpaku pada kelebihan berat badan (obesitas) saja, akan tetapi berat badan yang di bawah standar juga perlu untuk mendapat perhatian dan penanganan.

menangani berat badan bayi yang kurus

Berat badan bayi yang tidak ideal bisa diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Maka dari itu Anda perlu untuk memberikan asupan nutrisi yang seimbang sesuai dengan usia pertumbuhannya supaya berat badan bayi gemuk dan sesuai dengan standar yang seharusnya. Berat badan bayi yang terlalu kurus akan berakibat pada pertumbuhan dan perkembangan semua organ tubuhnya tak terkecuali berpengaruh pada perkembangan otak.

Faktor Yang Menyebabkan Bayi Kekurangan Berat Badan atau Kurus

1. Asupan Nutrisi

Permasalahan berat badan bayi yang kurus bisa diakibatkan oleh asupan nutrisi atau gizi yang tidak seimbang. Kadang Anda merasa sudah mencukupi semua kebutuhan nutrisi untuk bayi dengan memberikan semua yang dibutuhkan seperti protein, vitamin, karbohidrat, lemak serta mineral. Akan tetapi bayi tetap saja kurus dan tidak menunjukan kenaikan berat badan seperti yang diharapkan. Hal itu bisa diakibatkan masih kurangnya kuantitas pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. ketika dalam masa pertumbuhan bayi atau anak-anak memang memerlukan asupan nutrisi yang banyak.

2. Tinggi badan bayi bertambah

Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan keatas maka tinggi badannya akan bertambah dan aktifitasnya akan semakin aktif. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada berat badan bayi karena nutrisi untuk penambahan berat badannya terpakai oleh proses pertambahan tinggi badan bayi. Oleh sebab itu, penting sekali memperhatikan poin pertama diatas tadi masalah nutrisi yang harus tercukupi supaya bayi tidak menjadi terlalu kurus.

3. Adanya Penyakit pada bayi

Bayi yang mengalami gangguan kesehatan akan menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan bayi menjadi kurus dan berat badannya tidak akan mengalami kenaikan. Bayi yang menderita penyakit paru-paru seperti TBC, maka badannya akan kurus. Penyakit TBC menyebabkan bayi kekurangan albumin yang sangat dibutuhkan untuk proses penyerapan protein. Fungsi lain dari albumin yaitu untuk proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh. Apabila penyakit yang ada pada bayi tidak ditangani maka berat badan bayi akan semakin kurus dan akan berpotensi memicu terjadinya penyakit lain pada bayi.

Hal-hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menaikkan Berat Badan Bayi

  • Pemberian ASI yang berkualitas

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi yang terlalu kurus adalah dengan pemberian ASI yang ekslusif dan berkualitas. Pada bayi yang masih berusia dibawah 6 bulan pemberian ASI bisa menjadi hal penting dalam menambah berat badan bayi. Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas maka asupan makanan harus di perhatikan. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang untuk kebutuhan bayi.

  • Makanan Pendamping ASI harus memiliki gizi yang seimbang

Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan keatas sudah bisa diberikan Makanan pendukung ASI. Pemberian MPASI untuk bayi yang mengalami masalah dengan berat badannya harus terjadwal yaitu bisa diberikan 2 sampai 3 kali dalam sehari dengan porsi makanan disesuaikan. Makanan pendamping ASI yang diberikan harus memiliki kandungan gizi yang seimbang supaya berat badan bayi akan normal kembali.

  • Mengatur jadwal makan bayi

Memberikan makanan pendamping ASI untuk menaikan berat badan bayi harus benar-benar terjadwal. Anda bisa memberikan makan pada bayi setiap 4 jam sekali atau sekitar 7 kali setiap harinya. Makanan padat diberikan sebnyak 3 kali dan selebihnya diberikan makanan berupa nutrisi tambahan.

Menjaga kesehatan anak memang sangat penting apalagi bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Asupan nutrisi atau gizi yang seimbang menjadi salah satu faktor penentu dalam kelancaran pertumbuhan dan perkembangannya. Maka dari itu bagi Anda yang saat ini mempunyai anak kecil atau bayi, berikanlah asupan nutrisi yang seimbang untuk pertumbuhan bayi Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517