Memulihkan Kondisi Kesehatan Setelah Sakit Dengan Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi

Setiap orang tentunya pernah mengalami kondisi kesehatan yang menurun. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menurun sehingga tidak mampu melawan zat asing seperti virus dan bakteri. Kondisi kesehatan yang menurun tentunya membuat tubuh kehilangan banyak energi sehingga diperlukan asupan makanan yang bergizi untuk membantu memulihkan kesehatan. Makanan bergizi tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, akan tetapi makanan yang bergizi juga dibutuhkan untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

Memulihkan Kesehatan Setelah Sakit

Makanan Bergizi Untuk Memulihkan Kondisi Kesehatan Setelah Sakit

Karbohidrat

Makanan pertama yang harus dikonsumsi untuk memulihkan kesehatan setelah sakit yaitu sumber makanan yang mengandung karbohidrat. Pada waktu sakit, tubuh akan kehilangan banyak energi sehingga menjadi lemah. Untuk memulihkan kondisi tersebut dan meningkatkan energi diperlukan asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Dalam masa penyembuhan sangat disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari makanan berserat. Selain itu, pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks supaya membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dalam masa penyembuhan yaitu Gandum, sayuran dan buah-buahan.

Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan kodisi kesehatan setelah sakit. Protein berguna untuk memulihkan sistem kekebalan tubuh yang melemah ketika sakit. Selain itu protein juga dibutuhkan untuk menunjang proses pembentukan otot dan memulihkan energi. Makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah sakit yaitu kacang-kacangan, ikan, telur dan daging sapi rendah lemak.

Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral adalah dua unsur nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat berguna bagi tubuh sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin dibutuhkan oleh tubuh supaya kinerja mineral berjalan lancar. Vitamin dan mineral merupakan dua unsur yang saling membutuhkan supaya bisa berfungsi dengan baik. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah sakit yaitu sayuran dan buah-buahan.

Lemak sehat

Untuk memulihkan kondisi kesehatan setelah sakit, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan, minyak sayur ataupun kacng-kacangan. Lemak sehat berperan dalam mengoptimalkan kinerja sistem organ di dalam tubuh, terutama otak dan jantung.

Memenuhi kebutuhan cairan

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam memulihkan kondisi kesehatan setelah sakit. Asupan cairan yang mencukupi akan menunjang kebugaran tubuh dan mengganti ion tubuh yang hilang. Untuk menjaga kesehatan tubuh sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air sebanyak 8 sampai 15 gelas setiap harinya.

Asupan makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah energi dan memulihkan kondisi kesehatan setelah sakit. Makanan yang bergizi berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Related Posts

Share This