Mempersiapkan Diri Menjelang Persalinan Dengan Metode Hypnobirthing

Menghadapi persalinan bisa menjadi hal yang menegangkan dan menakutkan bagi sebagian wanita yang baru pertama kali menghadapi hal tersebut. Perasaan yang bahagia dan rasa takut bercampur menjadi satu. Ketika perasaan takut yang berlebih dan menyebabkan stres akan semakin membuat rasa sakit waktu persalinan. Melahirkan memang bisa menjadi saat yang menyakitkan bagi perempuan, tapi apabila dihadapi dengan pikiran yang tenang maka akan terasa tidak begitu menyakitkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka wanita hamil bisa melakukan latihan relaksasi sebelum melahirkan. Hal ini untuk menghilangkan stress, rasa takut ataupun panik menjelang proses persalinan.

Metode hipnobirthing

Metode Hypnobirthing bisa menjadi solusi untuk anda dalam menghadapi proses persalinan supaya tidak merasa takut dan panik. Metode Hypnobirthing merupakan cara dalam mempersiapkan persalinan yang nyaman, lancar serta tidak terasa begitu sakit. Dalam metode ini lebih mengedepankan relaksasi dan sugesti serta bagaimana mengatur pola napas.

Pada latihan Hypnobirthing otak dan pikiran lebih di fokuskan supaya menjadi lebih rileks serta bisa mengontrol emosi dengan sangat baik. Dalam latihan ini bisa menerapkan teknik afirmasi yaitu menerapkan kata-kata positif untuk ibu hamil. Kemudian teknik visualisai yaitu dengan cara membayangkan suatu tempat yang nyaman dan indah sehingga perasaan kita jadi nyaman dan rileks.

Langkah-Langkah Dalam Melakukan Hypnobirthing

  • Relaksasi Kepala

Pertama-tam kepala di letakan/di miringkan pada bahu sebelah kanan, kepala diputar sampai ke bahu sebelah kiri dan berulang sampai beberapa kali. Kemudian jari tangan di letakan di atas bahu dan diputar kebelakang beberapa kali lalu ganti putar kedepan.

  • Relaksasi Otot

Baringkan badan dengan rileks dan letakan tangan di pinggir badan dengan telapak tangan di hadapkan keatas. Telapak kaki sejajar tegak lurus dengan dada, betis dan paha. Pundak ditarik keatas dengan kedua telapak tangan di kepalkan.

  • Relaksasi Pernapasan

Posisi badan berbaring kemudian tarik napas lalu tahan beberapa detik dan kemudian hembuskan perlahan-lahan. Lakukan ini beberapa kali supaya penngaturan napas anda waktu melahirkan akan bagus.

  • Relaksasi Pikiran

Pejamkan mata selama beberapa detik kemudian buka dengan perlahan. Pandang satu titik diatas mata sambil di buat rileks dan tutup kembali mata dengan perlahan.

Melakukan relaksasi seperti yang di paparkan di atas bisa sangat membantu dalam proses melahirkan bayi. Apabila hati dan pikiran sudah rileks maka akan sangat memudahkan dalam menghadapi proses persalinan. Selain itu, anda juga akan lebih tenang dan tidak akan di hantui rasa takut akibat melahirkan yang katanya sakit. Apabila anda sudah membiasakan latihan relaksasi tersebut maka anda akan lebih siap dalam menghadapi persalinan.

Keuntungan Yang Akan Dirasakan Oleh ibu hamil Setelah Melakukan Hypnobirthing

Ibu hamil yang melakukan metode ini akan merasa tenang dan nyaman dalam menghadapi persalinan. Proses persalinan akan berjalan dengan cepat serta lancar karena perasaan dan emosinya bisa di kontrol sehingga tidak merasa tegang. Berkurangnya rasa sakit akan di rasakan oleh ibu hamil, hal ini disebabkan oleh perasaan yang tenang sehingga otot-otot tidak menjadi tegang. Keuntungan lain yang dirasakan oleh ibu hamil adalah tidak akan begitu merasa kelelahan setelah proses persalinan.

Keuntungan yang akan di rasakan oleh bayi yaitu Pertumbuhan yang sehat akibat dari perasaan ibu yang tenang dan tidak stres. Kemudian bayi tidak akan kekurangan oksigen selama masa persalinan berlangsung karena pasokan oksigen melalui plasenta dari ibu berjalan normal.

Perasaan dan pikiran seorang ibu yang tenang dan tidak stres ketika menjalani kehamilan dan menghadapi persalinan akan membuat semuanya lancar dan bayi akan terlahir dengan normal dan sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517