Memperkenalkan Makanan Padat Pada Bayi

Pemberian ASI secara ekslusif sangat penting untuk bayi selama 6 bulan. Pada usia di bawah 6 bulan sumber makanan bayi sepenuhnya ada pada ASI karena pada usia ini bayi tidak dianjurkan untuk diberi makanan selain ASI sebab sistem pencernaan bayi belum sempurna. Selain itu, pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan sangat bagus untuk memenuhi semua nutrisi yang menunjang pertumbuhan dan akan mengurangi resiko bayi terkena infeksi pada sistem pencernaannya.

Memperkenalkan Makanan Padat Pada Bayi

Ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan maka Anda sudah bisa memberikan makanan selain ASI. Pada usia ini bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan padat atau makanan pendamping ASI. Seiring bertambahnya usia bayi maka kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan pun semakin banyak dan semua itu tidak sepenuhnya bisa dicukupi dari ASI lagi. Bayi memerlukan nutrisi tambahan dari sumber lain yaitu dari makanan pendamping ASI.

Tips Untuk Memperkenalkan Makanan Padat Pada Bayi

  • Tentukan waktu yang tepat

Makanan padat pada bayi sudah harus diberikan pada bayi ketika menginjak usia 6 bulan. Tujuan dari pemberian makanan pada usia ini adalah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi dalam pertumbuhannya. Selain itu, mengenalkan makanan padat merupakan suatu cara bagi Anda untuk mengajarkan bayi dalam mengunyah dan menelan makanan, sebab apabila fase ini terlewat sangat dikhawatirkan nantinya bayi akan mengalami kesulitan dalam menelan atau mengunyah makanan.

Bayi yang sudah siap diberikan makanan padat akan menunjukan ciri-ciri seperti merasa tidak puas ketika hanya diberi ASI saja, bayi sangat tertarik ketika melihat makanan yang Anda tunjukan, membuka mulutnya ketika Anda menyodorkan makanan ke mulut bayi dan bayi membuat gerakan mengunyah.

  • Perhatikan jenis makanan

Jenis makanan yang pertama kali Anda perkenalkan untuk bayi harus makanan yang bertekstur lembut dan mudah untuk di lumat oleh bayi. Makanan tersebut bisa berupa bubur susu atau bubur dari sari buah yang dihaluskan. Pemberian makanan ini harus dilakukan secara bertahap dari mulai yang memiliki tekstur lembut sampai makanan yang padat. Makanan yang mengandung gizi seperti daging, telur dan sayuran bisa Anda berikan dengan cara melunakannya. Urutan dalam pemberian makanan ini biasanya di mulai dari buah-buahan, tepung-tepungan kemudian sayuran, setelah itu bisa lanjut dengan pemberian daging, ikan serta telur. Selain itu, pemberian porsi makanan pendamping ini harus diberikan secara teratur dan jangan memaksa bayi untuk mengahbiskan makanannya.

  • Gizi harus seimbang

Pada awal pemberian makanan padat tujuannya hanya untuk memperkenalkan makanan dan rasanya kepada bayi karena makanan utamanya masih tetap ASI. Setelah berlangsung beberapa hari perkenalan dan bayi mulai terbiasa dengan makanan tambahan tersebut, maka Anda harus memperhatikan gizi yang seimbang dalam memberikan makanan pendamping tersebut.

Ketika bayi sudah mulai terbiasa dan bisa makan makanan yang diolah dengan di tim, maka penerapan makanan yang mengandung gizi yang seimbang harus mulai diterapkan. Jenis makanan yang diberikan harus beragam dan memiliki kandungan gizi yang akan mencukupi untuk kebutuhan pertumbuhan bayi seperti vitamin, mineral, protein serta karbohidrat. Selain itu, jangan memberikan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Kebutuhan cairan bayi bisa Anda penuhi dengan memberikan minum air putih atau minuman sari buah segar.

  • Kenalkan biskuit

Pada saat bayi sudah terbiasa dengan makanan pendamping ASI yang Anda berikan, maka ketika bayi sudah menginjak usia 7 atau 8 bulanan Anda sudah bisa memberikan biskuit sebagai makanan selingan untuk bayi. Pada usia ini bayi sudah bisa memegang dan makan sendiri biskuit tersebut. Supaya memudahkan bayi, berilah biskuit yang bertekstur lunak.

  • Berikan kesan yang menyenangkan untuk bayi

Memperkenalkan makanan padat pada bayi harus Anda lakukan dengan penuh kesabaran dan jangan memaksakan bayi. Pemberian makanan tersebut harus perlahan-lahan dan bertahap baik dalam jenis ataupun porsinya. Bayi yang terlalu dipaksakan akan cenderung menolak makanan dan merasa tertekan sehingga ini akan menciptakan kesan yang kurang menyenangkan pada bayi. Ciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat bayi Anda menikmati setiap tahap pertumbuhannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517