Memilih Pompa ASI Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

Penting sekali bagi setiap ibu untuk memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan dalam mengoptimalkan perkembangan fisik dan psikis bayi. Namun terkadang keinginan untuk memberikan ASI secara ekslusif terkendala oleh berbagai hal. Salah satunya yaitu kesibukan dan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda terpisah dengan bayi. Pada zaman modern ini banyak wanita yang berkarir di luar rumah sehingga terkadang mereka lebih memilih untuk mengganti ASI dengan susu formula. Padahal sebenarnya cara tersebut bukan solusi yang tepat karena susu formula tidak memiliki gizi seperti ASI.

 

Bagi wanita yang memiliki pekerjaan dan kesibukan di luar rumah, ada solusi yang bisa dilakukan supaya tetap bisa memberikan ASI untuk si kecil. Salah satunya yaitu dengan menyediakan ASI cadangan atau yang biasa di sebut dengan ASI perah (ASIP). Memerah ASI bisa dilakukan menggunakan tangan secara langsung ataupun menggunakan alat pompa ASI. Namun dalam memilih pompa ASI harus teliti dan memperhatikan aspek keamanan bagi ibu dan bayi. Selain itu menggunakan pompa ASI harus dilakukan dengan cara yang benar sehingga kualitas ASI yang dihasilkan terjaga dengan baik.

 

Memilih pompa ASI memang gampang-gampang susah. Anda sebaiknya mengetahui standar keamanan dan kenyamanan pada waktu digunakan. Saat ini terdapat dua jenis pompa ASI yang banyak beredar di pasaran yaitu pompa manual dan elektrik. Anda bisa mencoba kedua pompa tersebut untuk menemukan kenyamanan pada saat digunakan.

 

Tips Dalam Memilih Pompa ASI

  • Teliti dalam memilih jenis pompa ASI

Pilihlah jenis pompa yang memberi kenyamanan pada waktu digunakan. Jenis pompa ASI yang disarankan yaitu tipe piston dan silindris karena lebih nyaman untuk digunakan. Selain itu, jenis pompa ini lebih mudah untuk dibersihkan. Hindari membeli jenis pompa ASI tipe terompet karena tekanan yang dihasilkan kurang sehingga ASI yang dihasilkan tidak optimal.

  • Perhatikan aspek keamanan

Inilah aspek yang paling penting dalam memilih pompa ASI. Perhatikan segi keamanan dari pompa ASI yang Anda pilih. Pada umumnya pompa ASI terbuat dari bahan dasar plastic. Maka dari itu Anda harus teliti dan mengetahui jenis plastic yang aman. Pilihlah pompa ASI dengan bahan plastic yang bebas dari Biphenol A. Hindari pompa ASI yang memiliki kandungan bahan kimia karena bisa membahayakan kesehatan si kecil.

  • Sesuai dengan kebutuhan dan mudah dibersihkan

Sebelum membeli pompa ASI, sebaiknya Anda menyesuaikan pompa tersebut dengan kebutuhan Anda. Banyak sekali jenis pompa ASI yang bisa Anda pilih, baik itu pompa listrik ataupun manual. Namun apabila Anda memiliki banyak waktu luang sebaiknya menggunakan pompa ASI manual. Selain itu, pilihlah jenis pompa ASI yang mudah dibersihkan sehingga bisa digunakan dalam waktu lama. Hindari pompa ASI yang memiliki lekukan atau memiliki penghisap karet karena susah dibersihkan sehingga rentan terjadi pertumbuhan kuman dan bakteri.

  • Pilihlah daya hisap pompa yang bagus

Penting untuk memilih pompa ASI yang memiliki daya hisap bagus sehingga mengoptimalkan kuantitas ASI yang dihasilkan. Namun tetap Anda juga harus memperhatikan aspek kenyamanan karena biasanya pompa listrik yang memiliki daya hisap kuat membuat Anda tidak nyaman. Pilihan pompa manual bisa menjadi alternative Anda, meskipun daya hisapnya tidak sekuat pompa elektik namun tidak menyebabkan tekanan yang membuat Anda tidak nyaman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517