Memilih Perlengkapan Pakaian Bagi Ibu Hamil

Pada waktu hamil akan terjadi banyak perubahan pada seorang wanita, baik itu perubahan fisik ataupun psikis. Perubahan yang terjadi pada waktu hamil merupakan salah satu pengaruh dari hormon kehamilan. Pada awal kehamilan biasanya perubahan tersebut tidak begitu nampak. Ketika usia kehamilan mulai memasuki trimester kedua, perubahan pada fisik ibu hamil akan mulai terlihat seperti kondisi perut yang mulai membesar.

Memilih Perlengkapan Pakaian Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil harus bisa beradaptasi dengan semua perubahan yang terjadi pada waktu hamil, mulai dari menyesuaikan pola makan, kebiasaan melakukan aktivitas sehari-hari dan yang tidak boleh dilupakan adalah menyesuaikan pakaian yang dipakai sehari-hari. Seiring dengan kehamilan yang membesar maka pakaian yang dipakai oleh ibu hamil tentunya akan berbeda. Memilih jenis pakaian yang disesuaikan dengan usia kehamilan merupakan hal yang sangat penting bagi ibu hamil. Hal ini bertujuan supaya ibu hamil merasa nyaman dalam menjalani proses kehamilan sehingga perkembangan janin di dalam kandungan tidak akan mengalami gangguan.

Kiat Memilih Pakaian Pada Waktu Hamil

Memilih baju

Tips memilih baju ibu hamil yaitu harus mengutamakan kenyamanan. Ibu hamil bisa memilih baju sesuai selera. Ibu hamil tidak harus selalu menggunakan baju terusan panjang yang longgar. Hal yang paling penting dalam memilih baju pada waktu hamil adalah yang membuat ibu hamil nyaman. Pada waktu hamil akan terjadi proses metabolisme yang cepat sehingga suhu tubuh ibu hamil akan dengan mudah meningkat dan berkeringat. Oleh karena itu ibu hamil harus cerdas dalam memilih jenis kain.

Ibu hamil dianjurkan untuk membeli pakaian dengan bahan yang nyaman dan tidak panas saat dipakai. Salah satu jenis bahan yang bagus untuk pakaian ibu hamil yaitu jenis katun. Selain itu, ibu hamil juga bisa memilih pakaian dengan bahan tenun atau pakaian longgar.

Memilih pakaian dalam

Seperti halnya memilih jenis baju, dalam memilih pakaian dalam bagi ibu hamil juga harus mengutamakan kenyamanan. Ibu hamil sebaiknya menggunakan pakaian dalam dengan bahan yang tidak mudah meninimbulkan panas yang bisa memicu keringat. Pilihlah jenis kain yang bisa menyerap keringat dan sejuk dipakai. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi pada organ intim wanita yang diakibatkan oleh bakteri akibat bagian tersebut lembab.

Selain itu, dalam pemilihan bra juga harus disesuaikan dengan perubahan payudara. Saat hamil biasanya ukuran payudara akan lebih besar dari biasanya. Hal ini akibat dari adanya pengaruh hormon kehamilan. Oleh karena itu supaya ibu hamil tetap merasa nyaman dalam menggunakan bra, sebaiknya memilih ukuran bra yang lebih besar dari biasanya dan disesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada payudara. Jangan memaksakan menggunakan bra dengan ukuran yang biasa dipakai sebelum hamil. ukuran bra yang tidak sesuai akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman selama menjalani proses kehamilan.

Memilih sepatu bagi ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya memilih jenis sepatu yang bertumit rendah dan hindari menggunakan sepatu yang memiliki hak tinggi. Hal ini karena bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Sepatu hak tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti varises. Selain itu, sepatu yang memiliki hak tinggi sangat beresiko menyebabkan ibu hamil terjatuh sehingga akan membahayakan janin. Pada waktu hamil biasanya akan terjadi pembengkakan pada kaki ibu hamil. Supaya tetap nyaman dalam menggunakan sepatu sebaiknya memilih ukuran sepatu yang lebih besar dari biasanya.

Related Posts

Share This