Memilih Alat Yang Tepat Untuk Menggendong Bayi

Budaya dalam menggendong bayi sangat beragam, ada sebagian orangtua yang menggendong bayi menggunakan cara sederhana dan ada pula yang menggendong bayi menggunakan cara modern menggunakan kereta dorong. Ahli perkembangan bayi mengemukakan bahwa bayi yang digendong dengan cara sederhana menggunakan model gendongan yang diselempangkan akan merasa lebih tenang dan nyaman bila dibandingkan dengan bayi yang diletakan diatas kereta dorong. Hal ini karena bayi yang digendong akan merasa lebih aman berada dalam dekapan sang ibu.

Ada sebagian orangtua yang bertanya tentang seberapa banyak harus menggendong bayi. Pada dasarnya menggendong bayi merupakan salah satu aktivitas untuk melakukan suatu pendekatan dan mempererat ikatan batin antara sang ibu dengan bayi. Menggendong bayi merupakan salah satu stimulus alami dalam menunjang perkembangan dan pertumbuhannya.

Memilih Alat Untuk Menggendong Bayi

Terkadang banyak orangtua yang tidak memahami tentang arti dan manfaat dari menggendong bayi. Banyak yang beranggapan kalau menggendong bayi hanyasekedar untuk menenangkan bayi ketika rewel atau menangis. Paradigma tersebut mungkin kurang tepat karena sebenarnya menggendong bayi bukan hanya sekedar kegiatan untuk menenangkan bayi, akan tetapi menggendong bayi sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik dan psikisnya.

Nah, Berikut Ini Ada Tips Memilih Alat Yang Tepat Untuk Menggendong Bayi

Pada zaman sekarang mungkin sudah banyak alat yang modern untuk membawa bayi ketika diajak bermain diluar rumah. Kondisi tersebut berbeda sekali dengan kebiasaan orang-orang pada zaman sebelumnya yang menggendong anak dengan menggunakan cara sederhana. Saat ini orang-orang lebih memilih kereta dorong daripada menggunakan alat yang diselempangkan.

Para ibu beranggapan kalau membawa bayi dengan kereta dorong lebih praktis dan tidak merepotkan. Padahal rutinitas menggendong bayi menggunakan alat yang diselempangkan akan memberin pengaruh positif bagi perkembangan bayi. Nah, maka dari itu Anda harus lebih mempertimbangakan dalam memilih metode menggendong bayi. Berikut ini ada tips memilih alat gendong selempang yang efektif untuk bayi.

  • Pilih jenis selempang yang aman

Salah satu hal yang paling penting dalam memilih alat gendong selempang yaitu harus memperhatikan faktor keamanan. Alat gendong selempang yang dipilih harus benar-benar bisa menampung bayi sehingga tidak akan membahayakan bayi. Pastikan bayi bebas bergerak tapi tidak akan terjatuh ketika digendong.

  • Alat gendong harus membuat bayi nyaman

Alat gendong yang dipilih harus nyaman bagi ibu dan juga bayi. Alat gendong yang dipilih harus melapisi semua titik tekanan atau tumpuan dengan nyaman. Alat gendong yang tidak tepat akan mebuat bayi merasa tidak nyaman dan Anda akan merasa pegal ketika menggendong bayi. Maka dari itu Anda harus cerdas dalam memilih jenis gendongan untuk bayi.

  • Multifungsi

Pilihlah alat untuk menggendong bayi yang bersifat multifungsi. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran Anda sehingga alat tersebut bisa digunakan sampai bayi berusia 2 tahun. Selain itu juga alat yang multifungsi akan membuat bayi merasa nyaman dan tidak memerlukan adaptasi dengan alat yang baru.

  • Mudah untuk digunakan

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih alat gendongan untuk bayi yaitu harus mudah digunakan. Anda harus memilih alat gendongan yang dirancang dengan baik sehingga ketika akan digunakan atau dilepaskan lebih mudah dan aman, baik itu bagi bayi ataupun bagi ibu. Hindari membeli peralatan untuk menggendong bayi yang membuat Anda kesusahan ketika akan menggunakan atau melepaskan alat tersebut.

  • Mudah disesuaikan untuk menyusui bayi

Memilih alat gendongan haruslah benar-benar nyaman terutama ketika akan menyusui bayi. Kebanyakan orang harus menurunkan bayi dari gendongan ketika akan menyusui bayi. Nah, untuk memudahkan Anda dalm menyusui bayi tanpa harus menurunkan bayi dari gendongan sebaiknya Anda memilih jenis gendongan yang bisa disesuaikan dengan penyusuan bayi.

Related Posts

Share This