Membantu Anak Untuk Mengatasi Takut Gelap

Anak-anak harus dibiasakan untuk tidur di kamar sendiri sejak usia dini supaya terbiasa dan bisa bersikap lebih mandiri. Namun bagi sebagian anak, tidur sendiri adalah hal yang menakutkan sehingga mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak. Alasan yang menyebabkan hal tersebut yaitu takut gelap. Terlebih lagi ketika tidur lampu kamar di matikan maka akan membuat mereka ketakutan dan berimajinasi mengenai hal-hal yang akan muncul pada waktu gelap.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa tidur dengan kondisi kamar yang gelap sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Hal ini karena kemampuan tubuh untuk memproduksi hormone melatonin adalah pada waktu tidak ada cahaya. Hormone melatonin adalah hormone yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Oleh karena itu, penting sekali untuk mematikan lampu ketika tidur.

Tips Untuk Membantu Anak Mengatasi Takut Gelap

  1. Kenali penyebab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengetahui faktor yang menyebabkan anak takut gelap. Cobalah untuk berbicara dengan anak dan tanyakan mengenai hal yang membuat mereka ketakutan ketika gelap. Jangan pernah menertawakan ketakutan anak karena akan membuat mereka merasa di perolok-olokan. Apabila anak Anda mengatakan hal-hal yang tidak masuk akal seperti takut hantu, sebaiknya Anda jangan membenarkan hal tersebut. Berikan pengertian kepada mereka mengenai hal tersebut dengan penjelasan yang masuk akal.

  1. Latih anak untuk percaya diri

Cobalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sebagai salah satu cara untuk membuatnya berani menghadapi kegelapan. Dengarkan setiap keluhan anak mengenai ketakutan pada malam hari dan ajarkan cara untuk mengatasi ketakutan tersebut. Kepercayaan diri akan membuat anak lebih berani dan terbiasa tidur sendiri meskipun dalam keadaan gelap.

  1. Berikan keyakinan pada anak

Kebanyakan anak tidak bisa tidur nyenyak ketika lampu kamar di matikan. Anak-anak cenderung ketakutan dan merasa tidak nyaman. Kecemasan tersebut tentunya akan mempengaruhi kualitas tidur dan mengganggu perkembangan anak. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Anda meyakinkan anak bahwa kegelapan akan membuat mereka baik-baik saja. Selain itu, berikan penjelasan pada anak bahwa ketika gelap tidak aka nada yang mengganggu mereka. Dengan begitu diharapakan anak akan tenang dan bisa tidur dengan nyaman. Ajarkan pada anak bahwa tidur sendiri adalah hal yang menyenangkan dan mereka akan baik-baik saja.

  1. Latih anak dalam kegelapan

Untuk mengatasi takut gelap pada anak, Anda bisa melatihnya dengan melakukan berbagai aktivitas dalam kegelapan. Salah satu contohnya yaitu mengajak anak untuk makan malam tanpa di terangi lampu dan hanya menggunakan lilin. Anda juga bisa mengajak anak mendengarkan musik dengan lampu kamar di matikan. Dengan begitu anak Anda akan terbiasa dan merasa nyaman ketika berada dalam kondisi jgelap meskipun sendirian. Cara seperti ini harus dilakukan dengan penuh kesabaran karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga anak terbiasa.

  1. Ajarkan supaya anak bisa mengontrol situasi

Anda bisa mengantisipasi rasa takut yang dirasakan oleh anak dengan mengontrol ketakutannya. Salah satu contohnya yaitu dengan menaruh lampu tidur di pinggir tempat tidurnya sehingga ketika ketakutan, anak bisa langsung menyalakan lampu tersebut dengan mudah. Hal ini akan mendukung anak sehingga terbiasa dan memiliki keberanian untuk tidur sendiri meskipun dalam keadaan lampu kamar di matikan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517