Membangun Sikap Percaya Diri Pada Anak Sejak Usia Dini

Anak yang tidak memiliki rasa percaya diri akan mengalami berbagai macam kesulitan dan hambatan dalam proses interaksi sosialnya. Sifat pemalu pada anak akan menghambat mereka untuk bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, anak yang tidak percaya diri akan memiliki rasa takut ketika harus berinteraksi dengan lingkungan di luar keluarga. Salah satu hal yang menyebabkan seorang anak tidak memiliki rasa percaya diri yaitu pola asuh orangtua yang terlalu memanjakan anak sehingga ketika anak harus terjun ke lingkungan luar, mereka tidak bisa mandiri dan tidak memiliki rasa percaya diri untuk menghadapi lingkungan baru.

Membangun Sikap Percaya Diri Pada Anak Sejak Usia Dini

Rasa percaya diri pada anak bisa dilatih sejak usia dini dengan menerapkan pola asuh yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri mereka. Cara pertama untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yaitu dengan memberikan kepercayaan pada anak sehingga mereka akan yakin dengan kemampuan sendiri. Selain itu Anda juga bisa memberikan kesempatan pada anak untuk bereksplorasi sesuai tahap perkembangannya.

Kiat Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Memberikan contoh yang baik bagi anak

Pada tahap perkembangannya anak-anak akan cenderung meniru setiap perilaku atau sikap orang disekitarnya terutama orangtua. Anak belum bisa membedakan antara perilaku baik dan buruk sehingga mereka akan mengikuti semua yang dilihatnya. Oleh karena itu, orangtua harus menjadi cerminan dan panutan yang memberikan contoh positif bagi anak. Memberikan contoh yang baik akan membuat anak mendapatkan citra yang baik sehingga mereka akan lebih percaya diri dalam bersikap dan bertindak.

Memberikan stimulus pada anak

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bisa dilakukan dengan memberikan rangsangan dengan cara melatih anak supaya mempunyai keberanian untuk tampil. Contohnya dengan menyuruh anak untuk menunjukan kemampuannya seperti menyanyi atau berhitung. Cara seperti itu merupakan dasar bagi anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Ketika anak sudah tidak malu tampil depan keluarga maka hal tersebut menjadi awal bagi anak untuk tampil percaya diri di lingkungan luar.

Menjaga Perilaku di depan anak

Untuk menanamkan rasa percaya diri pada anak sejak usia dini bisa dimulai dengan memberikan kata-kata motivasi untuk anak. Dukungan dari orang terdekat akan membuat anak semakin percaya diri dan tidak minder. Selain itu, Anda sebagai orangtua harus menjaga setiap perkataan ketika di depan anak dan jangan mengeluarkan kata-kata yang akan membuat anak merasa minder.

Menerapkan sikap disiplin

Disiplin merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam menerapkan pola asuh untuk anak. Anda bisa menerapkan peraturan dalam keluarga sehingga anak tidak akan seenaknya dalam bertindak. Selain itu, Anda harus memberikan pengertian dengan setiap aturan yang dibuat supaya anak mengerti dan tidak merasa tertekan dengan aturan yang ada. Pola asuh yang menerapkan kedisiplinan akan menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anak ketika anak berada di lingkungan sosial. Anak akan lebih mudah bergaul dan berinteraksi dengan orang lain.

Memperbanyak interaksi dengan anak

Bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan dan kesibukan di luar rumah sebaiknya tidak melupakan kedekatan dengan keluarga dan anak-anak. Menjaga kedekatan dengan buah hati adalah salah satu cara dalam membentuk dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Pada waktu berkumpul dengan anak, Anda bisa memberikan berbagai pelajaran pada anak yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri mereka.

Related Posts

Share This