Memahami Lebih Dalam Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi

Makanan utama yang di anjurkan bagi bayi yaitu Air Susu Ibu (ASI). Karena semua gizi serta nutrisi yang di butuhkan oleh seoarng bayi telah terkandung di dalam ASI tersebut, terutama bagi bayi yang masih di bawah usia 6 bulan, dan di saat usia tersebut bayi tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan pendamping asi lainnya seperti serela. Dan kandungan serta nutrisi yang dimiliki oleh ASI ini pastinya tidak bisa tergantikan oleh susu formula, walaupun harga dari susu tersebut memiliki harga yang sangatlah mahal. Dan itulah suatu anugrah yang memang telah di berikan oleh Yang Maha Kuasa kepada kita, khususnya kepada seorang Ibu. Dan makanan pendamping asi bisa di berikan kepada bayi setelah bayi tersebut menginjak usia 6 bulan, dan itu artinya selama 6 bulan pertama kelahirannya bayi sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan lainnya selain ASI.

Ketika usia bayi menginjak 6 bulan, maka disinilah saatnya yang tepat untuk memperkenalkan bayi pada makanan yang di sebut dengan makanan pendamping ASI atau bisa juga kita sebut dengan MPASI. Dan MPASI ini merupakan makanan kedua bagi bayi yang disertai dengan pemberian ASI.

Makanan Pendamping ASI Bagi Bayi

Nah, pada kesempatan ini, kami akan mengenalkan cara terbaik kepada Anda terkait cara tepat memberikan makanan pendamping ASI bayi 10 bulan, karena mengingat sistem pencernaan bayi yang sama sekali belum sempurna dan tidak sama seperti sistem pencernaan orang-orang dewasa. Jika Anda salah dalam memberikan atau memperkenalkan makanan pendamping ASI kepada bayi, maka hal tersebut bisa menyebabkan gangguan terhadap sistem pencernaan si kecil, misalnya seperti menyebabkan perut kembung atau bahkan sembelit.

Ketika Anda akan mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI bayi 10 bulan, alangkah lebih baik lagi jika Anda memberikannya secara bertahap, dan Anda harus benar-benar memperhatikan tekstur makanan, jenis makanan, serta porsi yang hendak di berikan kepada si kecil. Untuk pertama kali, sebaiknya bayi diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI yang memiliki tekstur semi padat, karena makanan yang memiliki tekstur padat bisa Anda berikan ketika gigi mulai tumbuh pada bayi. Dan untuk porsi makanan, Anda bisa memberikannya secara berangsur, yang mulainya satu sendok hingga berangsur bertambah sesuai dengan porsi si kecil.

Ketika usia bayi menginjak 6-9 bulan, sebaiknya Anda memperkenalkan bayi dengan makanan yang sedikit cair juga lembut, misalkan seperti bubur buah, bubur sayuran yang sudah di haluskan, hingga bubur susu. Dan ketika usia bayi menginjak 10-12 bulan, maka Anda bisa memperkenalkan makanan pendamping asi bayi 10 bulan yang memiliki tekstur kenal juga sedikit padat seperti nasi tim. Nah, ketika usia bayi mulai mebginjak 12-24 bulan, maka Anda bisa mulai untuk memperkanlkan makanan keluarga atau dalam kata lain makanan padat, namun tetap, Anda harus memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut, serta rasa yang di hasilkan dari makanan tersebut. Pada bagian ini, Anda bisa memperkenalkan bayi pada makanan yang memang bisa di pegang oleh si bayi, seperti nugget, sosis, cookies, buah, dan jenis makanan lainnya. Dan hal ini sangat penting untuk di lakukan guna melatih keterampilan bayi dalam menggenggam makanan serta mampu merangsang pertumbuhan gigi si bayi.

Setelah itu, agar Anda lebih mudah memahami serta melengkapi pengetahuan terkait gambar makanan pendamping ASI, maka kami anjurkan kepada Anda untuk berkonsultasi kepada dokter terbaik guna kelangsungan pertumbuhan si bayi. Semoga dengan artikel yang kami posting kali ini, bisa membantu Anda dalam mengenal serta memahami gambar makanan pendamping ASI atau MPASI bagi si buah hati.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517