Memahami Lebih Dalam Gejala Kanker Usus Besar Serta Tahapan Perkembangannya

Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang memang bisa menyerang usus besar atau bahkan bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Jenis penyakit ini patsinya bisa diidap oleh segala usia, walaupun sebanyak 90% orang-orang yang menderitanya rata-rata berusia di atas 60 tahun.

Sebagian besar kasus dari penyakit kanker usu sbesar ini kerap kali di awali dengan adanya pembentukan gumpalan sel yang sangat berukuran kecil yang memang di sbeut dengan polip adenoma. Dan setelah itu, gumpalan ini akan menyebar secara tidak terkendali seiring dengan berjalannya waktu.

Gejala kanker usus besar

Dan berikut ini ada beberapa gejala umum yang memang bisa Anda perhatikan juga pahami dari penyakit kanker usus besar, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Munculnya darah yang ikut keluar dengan kotoran atau bahkan terjaidnya pendarahan di bagian anus.
  2. Adanya perubahan pada tekstur kepadatan kotoran.
  3. Menurunnya berat badan seseorang yang terserang kanker usus besar.
  4. Tubuh Anda terasa sangat lelah.
  5. Rasa nyeri serta kram yang di rasakan di bagian perut.
  6. Perut akan di rasa sangat kembung.
  7. Meningkatnya frekuensi buang air besar atau bahkan diare.
  8. Konstipasi.
  9. Hilang nafsu makan.

Namun, tidak semua gejala kanker usus besar ini akan di rasakan oleh di pasien. Karena sebagian penderita ada yang sering buang air besar dengan disertai keluarnya pendarahan, namun sebagian lainnya ada yang sering buang air besar namun tidak disertai dengan pendarahan, akan tetapi merasakan nyeri yang tidak tertahankan di bagian perut.

Tahapan perkembangan kanker usus besar

Nah, untuk tahapannya sendiri, ada empat tahapan yang memang bisa menentukan tingkat dari keparahan penyakit kanker usus besar itu sendiri, diantaranya yaitu:

Stadium 1

Pada tahapan ini, sel kanker sudah mulai tumbuh di bagian usus besar, akan tetapi sel kanker belum menyebar luar, karena sel kanker masih bisa terhalang oleh dinding usus.

Stadium 2

Di tahapan ini, umumnya sel kanker mulai menyebar ke seluruh bagian dinding usus besar, bahkan sel kanker mulai mampu menembus dinding usus tersebut.

Staium 3

Pada tahapan ini, kelenjar getah bening yang memang letaknya sangat berdekatan dengan usus besar telah digerogoti oleh sel kanker.

Stadium 4

Tahapan ini merupakan tahapan yang paling parah dari proses penyebaran kanker usus besar. Dimana pada tahapan ini sel kanker telah menyebar dan menyerang beberapa bagian organ tubuh lainnya yang memang berdekatan dengan usus besar, diantaranya yaitu paru-paru juga hati. Bahkan, di tahapan ini, kanker usus besar juga mulai sulit untuk di atasi.

Penentuan tingkat keparahan kanker usus besar ini hanya bisa di lakukan dengan diagnosis. Dan hal ini sangat berguna dalam membantu dokter guna memberikan pengobatan yang tepat.

Related Posts

Share This