Memahami Lebih Dalam Apa Itu Hipertensi Esensial

Hipertensi esensial merupakan salah satu kondisi permanen dimana meningkatnya tekanan darah yang memang diketahui tidak ada penyebab yang nyata dalam kasus ini. Bahkan, hipertensi jenis ini umumnya dijumpai pada ibu hamil, yaitu sekitar 1-3% banyaknya.

Umumnya, wanita yang tengah hamil akan diketahui memiliki atau bahkan mendreita hipertensi esensial ketika tekanan darah di awal kehamilan mencapai angka 140/90 mmHg. Namun yang membedakannya dengan preeklamsia adalah, faktor yang menyebabkan terjadinya hipertensi esensial yaitu munculnya di awal kehamilan, jauh sebelum terjadinya kondisi preeklamsia, bahkan tidak ada edema atau proteinuria.

Bahkan, hipertensi yang muncul atau bahkan diperberat oleh masa kehamilan akan lebih mungkin terjadi pada wanita yang mengalami kondisi:

  • Terpapar vili korialis untuk pertama kalinya.
  • Terpapar vili korialis yang memang terdapat jumlah yang cukup banyak seperti pada kehamilan kembar atau bahkan mola hidatidosa.
  • Mempunyai riwayat penyakit vaskuler.
  • Mempunyai kecenderungan genetik untuk menderita hipertensi dalam masa kehamilan.

Sedangkan untuk faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit hipertensi esensial yaitu:

1. Faktor Keturunan

Ada sebanyak 70-80% kasus hipertensi esensial, yang dinyatakan terjadi akibat adanya riwayat hipertensi di dalam keluarga. Bahkan hipertensi jenis ini juga banyak ditemukan pada penderita kembar monozigot (satu telur), yang mana salah satu diantaranya menderita hipertensi. Dan dugaan ini mengarahkan, bahwa faktor genetic memiliki peran pemicu hipertensi yang sangat besar.

2. Faktor Lingkungan

Selain faktor keturunan, ternyata faktor lingkungan juga di yakini menjadi pemicu munculnya hipertensi, seperti stress, obesitas atau kegemukan, dan juga kurangnya kegiatan olahraga. Bahkan, hubungan stress dengan hipertensi diduga akan terjadi melalui aktivitas saraf simpatis, yaitu saraf yang memiliki tugas untuk bekerja ketika kita beraktivitas.

3. Kegemukan

Kegemukan, adalah salah satu ciri khas dari orang-orang yang mengalami hipertensi. Walaupun sampai saat ini masih belum bisa dijelaskan hubungan antara obesitas dengan hipertensi esensial, namun sebuah penelitian menyebutkan, bahwa daya pompa jantung dan sirkulasi volume darah yang menderita obesitas dengan penyakit hipertensi jauh lebih tinggi jika di bandingankan dengan mereka penderita yang memiliki berat badan yang normal.

Dan berikut ini beberapa tanda orang yang menderita penyakit hipertensi esendial, yaitu sebagai berikut:

  • Tekanan darah di atas normal yaitu systole >140 mmHg dan diastole >90 mmHg
  • Adanya keluhan umum, seperti sakit kepala, suka tidur, epistaksis, disines atau migren, sampai keluhan mudah marah.
  • Kehamilan dengan riwayat hipertensi esensial akan berlangsung normal sampai aterm.
  • Umumnya, selama kehamilan di usia trimester II, tekanan darah akan kembali normal.
  • Sekitar 20% dari wanita hamil, umumnya akan menunjukkan kenaikan tekanan darah yang sangat mencolok, yang memang bisa disertai dengan adanya protein di urine dan odema.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517