Memahami Alergi Buah dan Sayur Pada Si Kecil

Alergi terhadap buah-buhan juga sayuran merupakan satu reaksi spontan yang terjadi terhadap tubuh si kecil yang telah mengkonsumsi buah-buhan atau sayuran. Reaksi seperti ini bisa berlangsung hanya dalam hitungn menit atau bahkan beberapa jam setelah si kecil mengkonsumsi buah atau sayur. Dan hal ini berhubungan erat dengan kandungan protein yang ada di dalam buah atau sayur yang di makan si kecil.

Alergi protein yang terdapat di serbuk sari adalah salah satu pemicu terjadinya alergi pada anak terhadap buah dan sayur. Ada diantaranya sejumlah buah yang memang bisa menyebabkan alergi pada si kecil. Dan biasanya buah yang menjadi masalah utama yang memicu alergi pada anak yaitu jeruk, kiwi, lemon, limau, atau bahkan buah stroberi. Untuk sayuran, biasanya jenis sayur yang menjadi pemicu utama alergi pada si kecil yaitu labu, mentimun, dan beberapa jenis sayuran lainnya yang memang ditemukan berbeda pada setiap anaknya.

alergi pada anak

Sebenarnya manfaat buah dan sayur itu sangatlah baik untuk kesehatan dan pertumbuhan si kecil, namun alergi yang terjadi pada si kecil setelah mreka mengkonsumsi jenis buah dan sayur tertentu, berhubungan langsung dengan kandungan profilines yang memang terkandung di dalam serbuk sari buah dan sayuran. Jenis profilinis nabati ini merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam buah dan sayur yang bisa menyebabkan alergi pada si kecil. Gejala utama alergi yang di sebabkan oleh serbuk sari makanan ini erat hubungannya dengan beberapa gangguan kesehatan terhadap tubuh si kecil. Walaupun gangguan pada tubuh si kecil tidaklah terlalu berat, sebaiknya bunda tidak memberikan jenis buah atau sayur yang memang dapat memicu alergi pada si kecil sampai usia si kecil bertambah dan sistem kekebalan tubuhnya juga lebih berkembang.

Bukan hanya itu, alergi terhadap buah dan sayur juga bisa di hubungkan dengan alergi lateks, yaitu alergi terhadap jenis buah-buahan produk tanaman, misalkan seperti alpukat, coklat, papaya juga pisang. Beberapa orang diantaranya yang memiliki alergi lateks, akan langsung beraksi ketika mereka telah mengkonsumsi jenis buah-buhan tertentu. Namun ada pula sebagian di antaranya yang memang mengalami alergi serbuk sari dan alergi lateks secara bersamaan.

Baca juga : Mungkinkah Buah dan Sayur Menyebabkan Alergi Pada Anak?

Pada umumnya, kacang-kacangan memiliki peranan yang jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Biasanya si kecil akan alergi terhadap jenis-jenis kacang tertentu, walaupun pada beberapa kasus telah di temukan ada beberapa anak yang memiliki alergi pada kacang bisa mengkonsumsi buah dan sayuran lainnya secara normal. Bagi bunda yang mulai mengenalkan si kecil pada makanan, termasuk buah dan sayur di usia si kecil yang masih di bawah 6 bulan, akan menyebabkan resiko alergi yang lebih tinggi dikarenakan sistem pencernaah si kecil yang masih belum sempurna.

Bunda bisa memberikan buah-buhan secara satu per satu kepada si kecil, atau bunda bisa memberikan buah secara terpisah dari buah-buhan lainnya atau makana lainnya yang memang bisa menyebabkan alergi. Sehingga bunda bisa menentukan makanan seperti apa yang dapat menimbulkan alergi pada si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517