Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak Dengan Menyajikan Menu Makan Malam Yang Sehat dan Bergizi

Malam hari merupakan waktu yang paling tepat bagi Anda untuk berkumpul dengan keluarga. Biasanya pada malam hari ada ritual untuk menyantap makanan sambil bersantai dan bercanda dengan keluarga. Saat-saat tersebut akan menambah kehangatan dan kebahagiaan dalam sebuah keluarga. Sang ibu tentunya selalu mempunyai resep dan menu makanan yang akan disajikan setiap malam. Selain menyajikan menu yang enak, sebagai koki keluarga biasanya sang ibu akan berpikir bagaimana menyajikan menu makan malam yang sehat untuk perkembangan anak.

Makanan sehat dan mengandung gizi seimbang tentunya sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Sang ibu harus mempunyai ide kreatif dalam menyajikan menu makan malam supaya mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips dan informasi bagi para ibu dalam menyajikan makanan sehat dan bergizi untuk anak-anak pada waktu makan malam.

Menu makan malam anak

Sayur-sayuran

Pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan banyak nutirisi untuk tubuhnya. Salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi yaitu sayuran. Akan tetapi makanan jenis ini kurang disukai dan diminati oleh anak-anak karena rasanya yang hambar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyajikan sayuran dengan berbagai macam variasi sehingga anak-anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran. Salah satu contohnya Anda bisa menyajikan rempeyek bayam atau bayam crispy pada waktu makan malam. Kreasi tersebut akan membangkitkan rasa penasaran anak untuk mencoba sayuran tersebut sehingga lama kelamaan anak akan terbiasa.

Sup daging ayam

Makanan sehat yang selanjutnya yaitu membuat sup ayam. Kandungan nutrisi pada daging ayam seperti protein dan nutrisi yang lainnya akan memberikan manfaat untuk pertumbuhan anak. Menyajikan sup ayam bisa dicampur dengan berbagai macam sayuran untuk menambah variasi rasa dan melengkapi semua kebutuhan nutrisi anak pada masa pertumbuhan.

Olahan ikan

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan protein dengan kadar yang sangat tinggi. Selain itu, ikan juga mengandung omega-3 yang berguna untuk menunjang perkembangan dan kecerdasan otak anak.  Supaya anak tidak bosan dengan menu berbahan dasar ikan, sebaiknya Anda menyajikan ikan dengan kreasi yang berbeda-beda. Ikan bisa disajikan dengan cara digoreng tepung atau disajikan dalam bentuk stik ikan. Anak-anak biasanya akan menyukai menu makanan yang unik.

Olahan daging ayam

Menu makanan anak yang selanjutnya yang bisa Anda sajikan pada waktu makan malam untuk melengkapi kebutuhan gizi anak yaitu olahan dari daging ayam seperti nugget. Selain praktis, anak-anak biasanya lebih menyukai jenis makanan ini. Untuk menjaga higienitas dan kandungan gizi pada nugget sebaiknya Anda membuat sendiri di rumah.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda sajikan untuk anak-anak pada waktu makan malam. Makanan sehat dan bergizi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517