Mata Bayi Belekan? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mata bayi belekan mungkin hal yang wajar dan lumrah. Biasanya bayi yang baru lahir akan mengalami kondisi tersebut. Akan tetapi jika kondisi tersebut terus menerus terjadi dan semakin parah maka perlu dilakukan penanganan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Mata bayi belekan perlu diwaspadai, terlebih lagi jika disertai dengan gejala mata merah, belek berwarna kuning kehijauan dan terjadi pembengkakan. Mungkin Anda sedikit panik dan bertanya-tanya mengenai penyebabnya. Nah, pada kesempatan ini penulis akan memberikan ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi belekan pada mata bayi.

Penyebab Mata Bayi Berair dan Belekan

Secara umum, mata bayi berair dan belekan disebabkan oleh kinerja dari kelenjar air mata belum sepenuhnya berfungsi dengan baik. Katup air mata pada bayi secara umum masih tertutup pada bagian saluran air mata yang menghubungkan rongga hidung dengan air mata.

Sumbatan tersebut akan mengakibatkan air mata yang dihasilkan oleh kelenjar air mata pada bagian kelopak mata tidak bisa mengalir ke bagian rongga hidung. Nah, kondisi tersebut akan mengakibatkan genangan pada bagian saluran yang tersumbat sehingga kotoran/belek akan menumpuk.

Mata bayai berair dan belekan perlu Anda waspadai jika kondisinya disertai dengan mata memerah, adanya pembengkakan dan kelopak mata si kecil lengket. Jika tidak segera dilakukan penanganan, maka dikhawatirkan akan terjadi infeksi virus atau bakteri.

Cara Menangani dan Mencegah Belekan Pada Mata Bayi

Ketika mendapati belekan pada mata bayi, Anda tidak perlu panik berlebihan. Kenali terlebih dahulu gejalanya. Jika masih terlihat normal maka Anda hanya perlu membersihkan belek tersebut secara rutin setiap pagi, siang ataupun malam hari.

Namun, jika kondisi belekan terlihat sedikit lebih parah dan bengkak, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengompres mata si kecil menggunakan kain yang dibasahi air hangat. Bersihkan secara perlahan belek yang menumpuk pada mata si kecil.

Adapun penanganan lain yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Belekan akibat infeksi virus. Apabila belekan disebabkan oleh infeksi virus maka Anda tidak perlu memberikan antibiotik. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan mata bayi menggunakan kain bersih yang dibasahi air hangat. Kemudian tetap berikan ASI untuk memperkuat sistem imun si kecil. Jika kondisinya tidak kunjung membaik maka segera bawa ke dokter.
  1. Akibat penyumbatan. Pada umumnya belekan yang terjadi pada bayi diakibatkan oelh penyumbatan saluran air mata yang terhubung dengan rongga hidung. Untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan pijatan lembut pada bagian hidung si kecil. Namun, apabila Anda ragu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
  1. Akibat iritasi/alergi. Sebagian bayi mungkin mengalami alergi, baik itu berasal dari makanan ataupun kondisi lingkungan. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menjauhkan hal-hal penyebab alergi dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah infeksi.

Belekan pada bayi baru lahir merupakan kondisi yang wajar. Dalam beberapa minggu kondisi tersebut akan hilang seiring dengan berfungsinya saluran air mata. Yang perlu Anda lakukan adalah senantiasa menjaga kebersihan mata bayi supaya tidak terjadi infeksi. Disamping itu, berkonsultasilah dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517