Masalah Psikis Yang Menyebabkan Si Kecil Susah Makan

Salah satu permasalahan yang paling sering dikeluhkan oleh para orangtua dalam proses pengasuhan yaitu kebiasaan anak yang sulit makan. Terkadang permasalahan ini membuat sebagian orangtua merasa stres sehingga berusaha untuk melakukan berbagai cara dalam mengatasi hal tersebut. Akan tetapi tak jarang usaha yang dilakukan mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan. Kondisi seperti ini tentunya akan berpengaruh terhadap perkembangan anak.

Si Kecil Susah Makan

Langkah pertama yang harusĀ  Anda lakukan dalam mengatasi permasalahan anak yang susah makan adalah mencari faktor penyebabnya. Pada dasarnya penyebab anak susah makan di pengaruhi oleh faktor fisik dan psikis anak. Faktor fisik sangat erat kaitannya dengan berbagai macam gangguan pada sistem pencernaan anak. Sedangkan faktor psikis berkaitan dengan kondisi psikologis anak seperti trauma terhadap jenis makanan tertentu, suasana yang tidak menyenangkan ketika makan dan keadaan rumah yang bermasalah sehingga membuat anak merasa tidak nyaman.

Inilah Masalah Psikis Yang Menyebabkan Si Kecil Susah Makan

  1. Relasi yang tidak baik dengan orangtua

Pola hubungan yang bermasalah menjadi penyebab anak susah makan. Salah satu contohnya yaitu ketika anak mendapatkan perilaku yang tidak menyenangkan dari orangtuanya seperti paksaan untuk makan. Hal ini erat kaitannya dengan pola pengasuhan yang Anda terapkan. Apabila Anda menyajikan makanan dengan menu yang sama maka hal tersebut akan membuat anak susah makan dan menjadi pemilih makanan. Supaya nafsu makan anak tetap stabil sebaiknya Anda menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga terjalin hubungan yang baik antar sesama anggota keluarga.

  1. Depresi

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami masalah psikologis seperti depresi. Faktor yang menyebabkan depresi pada anak sangat beragam diantaranya yaitu akibat kekerasan, adanya tekanan dari lingkungan sekitar, sulit memahami pelajaran di sekolah dan ejekan dari teman-temannya. Depresi mengakibatkan nafsu makan anak menjadi tidak stabil yaitu susah makan dan nafsu makan yang tidak terkontrol sehingga hal ini mempengaruhi perkembangan anak. Oleh karena itu, jauhkan si kecil dari hal-hal yang bisa menyebabkan pikirannya stress dan depresi. Terlalu dini apabila si kecil harus mengalami kejadian yang menyebabkan pikirannya depresi karena bisa menghambat tumbuh kembangnya.

  1. Cemas yang berlebihan

Anak-anak pada usia batita biasanya memiliki kecemasan yang berlebih sehingga hal ini mempengaruhi nafsu makannya. Si kecil biasanya memiliki perasaan takut ditinggalkan oleh orangtuanya sehingga mereka tidak bisa jauh dan akan rewel meskipun hanya ditinggal pergi sebentar. Selain itu, si kecil juga merasa cemas ketika berada di lingkungan baru atau berada disekitar orang yang baru dikenalnya. Kecemasan yang berlebih pada anak biasanya ditanai dengan keluarnya keringat, si kecil terlihat gelisah dan rewel. Kondisi seperti ini tentunya mengganggu kenyamanan si kecil sehingga nafsu makannya akan terganggu. Maka dari itu, Anda harus senantiasa menciptakan suasana dan lingkungan yang aman serta menyenangkan sehingga si kecil senantiasa merasakan kehadiran Anda disampingnya.

Langkah Mudah Mengatasi Anak Susah Makan Akibat Masalah Psikis

Apabila penyebab susah makan pada si kecil bukan karena masalah medis, tetapi karena masalah psikis maka Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan berbagai macam pendekatan yang membuat si kecil merasa aman dan nyaman. Berikut ini ada beberapa poin penting yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

  • Jadilah teman yang baik bagi anak ketika menemaninya makan dan hadirkan suasana yang menyenangkan sehingga akan terjalin hubungan yang erat dengan si kecil.
  • Ajarkan kebiasaan tata cara makan yang baik pada anak. Biasakan untuk makan di meja makan dan sajikan makanan yang beragam setiap harinya.
  • Jangan pernah mengancam atau menakut-nakuti anak ketika nafsu makannya turun. Anda tidak boleh memaksanya karena bisa berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak.
  • Terapkan pola pengasuhan yang penuh kasih sayang sehingga si kecil akan merasa aman dan nyaman ketika berada di tengah-tengah keluarga. Pola pengasuhan yang penuh kasih sayang akan menghindarkan si kecil dari permasalahan yang berkaitan dengan psikis.
  • Terapi bermain bisa Anda terapkan untuk membentuk relasi yang baik dengan si kecil sehingga berdampak baik terhadap nafsu makannya. Dalam hal ini Anda harus lebih bersabar karena membutuhkan waktu dan proses yang lebih lama.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517