Masalah Psikis Menyebabkan Anak Sulit Makan?

Makan merupakan salah satu proses untuk memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan yang tepat akan bermanfaat dalam menunjang pertumbuhan dan kesehatan. Terlebih lagi bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan, asupan makanan yang bergizi sangatlah penting mengingat pada ousia tersebut tubuh membutuhkan asupan nutrisi dua kali lebih banyak. Namun seringkali yang menjadi permasalahan adalah anak sulit makan sehingga asupan nutrisi terganggu.

Permasalahan anak sulit makan sebaiknya segera diatasi supaya tidak menggangu tumbuh kembangnya. Pada dasarnya faktor penyebab anak sulit makan sangatlah beragam yaitu gangguan kesehatan dan bahkan akibat adanya gangguan psikis.

Berikut Masalah Psikis Yang Menyababkan Anak Sulit Makan

  1. Depresi

Faktor penyebab yang pertama yaitu depresi. Masalah psikis yang satu ini biasanya dialami oleh anak ketika memasuki usia sekolah. Pemicu anak menjadi depresi yaitu karena kesulitan dalam memahami pelajaran, mendapatkan kekerasan dan memiliki masalah dengan teman-temannya. Ketika anak sedasng depresi maka kemungkinan kehilangan nfasu makan atau makan secara berlebihan.

  1. Cemas Yang Berlebih

Pada usia batita kemungkinan anak akan mengalami kecemasan yang berlebih. Terlebih lagi ketika Anda berusaha meninggalkannya pada waktu bekerja di luar rumah. Anak akan menganggap bahwa Anda akan meninggalkannya. Bahkan kecemasan bisa menimpa anak ketika mulai memasuki lingkungan baru seperti sekolah. Kondisi kecemasan yang berlebih menyebabkan anak akan kehilangan nafsu makan.

  1. Hubungan Tidak Baik Antara Anak dan Orangtua

Ketika anak menolak untuk makan dan rewel maka kemungkinan hal ini sebagai ungkapan penolakan secara tidak langsung yang berkaitan dengan keadaan Anda. Terlebih lagi jika Anda memaksakan anak untuk makan maka hal ini akan membuatnya kehilangan selera. Bahkan penolakan makan erat kaitannya dengan kurangnya perhatian Anda terhadap anak. Kondisi ini akan menyebabkan si anak menjadi pemilih makanan.

Inilah Cara Mengatasi Anak Sulit Makan Akibat Masalah Psikis
  • Salah satu cara untuk mengatasi anak yang tidak mau makan akibat masalah psikis yaitu dengan terapi bermain dengan anak. Pengaruhnya memang tidak akan langsung dirsakan namun hal ini secara perlahan akan berpengaruh terhadap pola makan si kecil.
  • Mengajarkan perilaku makan yang baik pada anak dengan cara memberikan makanan yang lebih variatif dan mengajaknya makan bersama di meja makan.
  • Perhatikan pola asuh yang Anda terapkan. Bisa saja si anak tidak mau makan akibat pola asuh yang membuatnya merasa tidak nyaman dan tertekan.
  • Posisikan diri Anda sebagai teman yang baik bagi anak ketika makan. Temani si kecil makan sehingga hal ini akan menguatkan ikatan batin Anda dan si kecil. Dengan begitu nafsu makan si kecil akan terjaga dengan baik.
  • Jangan memberikan ancaman pada anak ketika tidak mau makan sebab hal ini akan membuat si anak semakin merasa tidak nyaman dan berseiko menyebabkan trauma psikis.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517