Masalah Kesehatan Rambut Yang Sering Terjadi Pada Bayi Atau Anak-anak

Kondisi pertumbuhan rambut pada bayi yang baru lahir berbeda-beda. Ada bayi yang terlahir dengan pertumbuhan rambut yang bagus serta tebal dan sebagian bayi ada yang terlahir dengan rambut yang tipis dan bahkan botak. Kondisi pertumbuhan rambut yang berbeda pada bayi bisa disebabkan oleh faktor genetik dari orangtua dan pengaruh dari asupan nutrisi selama masa kehamilan. Rambut pada bayi yang baru lahir sebenarnya bukan merupakan rambut yang permanen. Ketika terjadi kerontokan pada rambut bayi Anda tidak perlu khawatir sebab itu merupakan sebuah proses pergantian rambut bayi menjadi rambut yang permanen. Akan tetapi kerontokan tersebut harus tetap diwaspadai supaya tidak menjadi permasalahan yang serius dalam pertumbuhan rambut bayi.

Masalah Kesehatan Rambut Yang Sering Terjadi Pada Bayi Atau Anak-anak

Beberapa Permasalahan Pada Rambut Bayi

Rambut bayi tidak tumbuh

Pada sebagian bayi yang baru lahir, ada yang mengalami permasalahan rambut yang tidak tumbuh. Hal ini tentunya membuat orangtua bayi merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Perlu untuk diketahui bahwa rambut yang tidak tumbuh pada bayi yang baru lahir bukan merupakan masalah  yang sangat serius selama kondisi kulit kepala bayi terlihat sehat dan tidak ada infeksi atau penyakit. Rambut pada bayi umumnya akan tumbuh secara maksimal pada usia 2 tahun.

Adanya kerak pada kulit kepala bayi

Kerak pada kulit kepala bayi terlihat seperti ketombe dan berwarna kuning kecoklatan serta terlihat seperti bersisik. Penyebab munculnya kerak pada kulit kepala bayi adalah pengaruh dari hormon androgen selama dalam kandungan dan terbawa ketika bayi lahir. Kelenjar lemak yang masih aktif tersebut yang menimbulkan adanya kerak pada kulit kepala bayi. Kerak pada kulit kepala bayi tidak akan berbahaya bagi bayi sebab kerak tersebut akan hilang dengan sendirinya. Adanya kerak pada kulit kepala bayi merupakan permasalahan kesehatan rambut yang umum terjadi pada bayi.

Mengatasi kerak pada kulit kepala bayi bisa Anda lakukan dengan cara mengoleskan minyak khusus bayi kemudian lakukan pijatan halus pada area yang ada kerak tersebut sampai kerak mengelupas dan cuci dengan shampoo bayi sampai bersih. Apabila kerak pada kulit kepala bayi terlihat banyak dan tidak wajar sebaiknya segera konsultasi dengan dokter supaya mendapat penanganan yang benar.

Rambut bayi tipis

Rambut yang tipis sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Kondisi ini sering membuat orangtua kebingungan dan khawatir sehingga berusaha untuk membuat rambut bayi lebat kembali. Rambut tipis pada bayi bisa diatasi dengan memberikan tonik khusus untuk bayi yang memiliki kandungan lidah buaya atau kemiri. Perawatan rutin dengan tonik tersebut akan membuat rambut bayi tumbuh dengan bagus dan tebal. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk mendukung pertumbuhan rambut bayi.

Rambut rontok pada bayi

Permasalahan rambut rontok biasanya terjadi pada bayi yang masih berusia 6 bulan pertama. Kerontokan tersebut merupakan proses peralihan rambut pada bayi. Rambut pada bayi yang baru lahir merupakan rambut yang bersifat sementara. Seiring dengan usia pertumbuhan bayi maka rambut tersebut akan rontok dan akan digantikan oleh rambut yang permanen.

Permasalahan rambut pada bayi yang baru lahir merupakan permasalahan yang umum terjadi dan tidak akan berbahaya. Perawatan rutin dan pemberian asupan nutrisi yang mencukupi akan membuat rambut bayi Anda tumbuh subur dan tebal. Kekurangan nutrisi tidak hanya akan berpengaruh pada pertumbuhan rambut, akan tetapi akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan semua organ tubuh bayi. Maka dari itu penting sekali untuk merawat dan memberikan asupan nutisi yang mencukupi untuk bayi.

Itulah beberapa permasalahan rambut pada anak yang biasa terjadi di awal pertumbuhan. Hal tersebut memang permasalahan umum, akan tetapi Anda sebagai orang tua perlu mewaspadai apabila gejala tersebut terlihat tidak wajar. Untuk mendapatkan cara penanganan yang benar dan tepat sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517