Masalah Kesehatan Bayi dan Cara Mengatasinya

Kesehatan bayi merupakan salah satu faktor penting yang akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Katika mendapati si kecil sakit tentunya akan membuat Anda resah sehingga segala cara akan dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Bayi pada umumnya belum memiliki kemampuan untuk menyampaikan apa yang sedang dirasakan. Biasanya si kecil hanya memberikan isyarat sehingga dalam hal ini Anda harus lebih peka.

Beberapa orangtua terkadang kebingungan terkait dengan masalah kesehatan  balita. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk mengenali tanda-tanda kesehatan balita sehingga ketika terjadi gangguan bisa secepatnya memberikan penanganan dengan benar.

Berikut Beberapa Masalah Kesehatan Pada Bayi

  1. Tersedak

Salah satu masalah kesehatan pada bayi yaitu tersedak saat menyusu atau mendapatkan MPASI. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda maka segeralah memberikan pertolongan dengan memposisikan kepala bayi lebih rendah daripada tubuh, kemudian tepuk-tepuk dengan lembut bagian punggung si kecil hingga keluar muntahan.

  1. Sembelit

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Hal ini terjadi akibat dari pengaruh makanan sehingga menyebabkan tinja atau kotoran bayi menjadi lebih keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Untuk mengatasinya cobalah memberikan asupan cairan lebih banyak seperti susu formula dan air putih.

  1. Diare

Selain sembelit, bayi juga bisa mengalami yang namanya diare akibat dari kebersihan makanan yang tidak terjaga. Diare pada bayi sangat beresiko menyebabkan dehidrasi sehingga Anda harus senantiasa menjaga asupan cairan dengan memberikan minum ataupun ASI. Selain itu hindari makanan yang bisa memicu diare dan perhatikan faktor kebersihan.

  1. Muntah-muntah

Muntah bisa terjadi setelah bayi mendapatkan makanan atau bahkan sebelum memperoleh makanan. Faktor penyebabnya sangat beragam seperti adanya infeksi yang mengakibatkan usus halus tersumbat. Selain itu, kemungkinan muntah setelah mendapatkan makanan adalah keracunan. Segeralah periksa kesehatan si kecil ke dokter untuk mencegah kemungkinan yang lebih parah.

  1. Ruam popok

Merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit bayi akibat dari kondisi popok yang kotor. Radang popok/ruam biasanya menyebabkan kulit si kecil menjadi merah-merah dan iritasi. Hal ini tentunya membuat si kecil merasa tidak nyaman. Cara mengatasinya yaitu dengan menjaga kebersihan popok dan segera mengganti popok yang sudah kotor. Selain itu, usahakan supaya kulit si kecil dalam keadaan kering dan tidak lembab.

  1. Sumabukan

Gangguan kesehatan lain yang terjadi pada anak bayi yaitu sumabukan. Permasalahan ini muncul pada bayi yang baru lahir. Sumabukan merupakan kerak yang muncul pada bagian kulit kepala dan akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Adapun cara yang bisa Anda lakukan dalam membersihkan sumabukan yaitu dengan mengoleskan minyak khusus secara rutin dan membersihkannya dengan cara keramas.

Demikian beberapa gangguan kesehatan pada bayi. Kesehatan si kecil harus senantiasa dijaga supaya tidak memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517