Masalah Kehamilan: Penyebab Hemoglobin Rendah

Kekurangan hemoglobin me,rupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat serius karena bisa menyebabkan anemia. Terlebih lagi jika kondisi tersebut dialami oleh ibu hamil maka rentan mempengaruhi kesehatan janin akibat pasokan oksigen serta nutrisi terganggu. Kadar hemoglobin yang menurun saat hamil bisa menyebabkan resiko serius terhadap masalah kehamilan.

Hemoglobin sangat penting dalam sel darah merah sehingga jika kadarnya menurun terutama pada ibu hamil maka beresiko anemia yang mempengaruhi pertumbuhan janin. Maka dari itu, gangguan kesehatan tersebut sebisa mungkin dihindari dengan mempersiapkan diri sebelum hamil. Cara simpelnya yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi yang mengandung zat besi dan membiasakan olahraga.

 Inilah Penyebab Kadar Hemoglobin Rendah

  1. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan atau dehidrasi akan menyebabkan seseorang mengalami hemoglobin rendah. Gejalanya yaitu lemas, lesu, lunglai dan cenderung tidak bersemangat. Akibat kurangnya cairan tubuh maka kadar hemoglobin semakin menurun dan kondisi ini membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan.

  1. Terlalu Banyak Beraktivitas

Aktivitas fisik yang menguras tenaga menjadi penyebab lain menurunnya kadar hemoglobin darah. Oleh karena itu bagi ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan yang bisa menyebabkan kelelahan sebab rentan terhadap gangguan kesehatan.

  1. Pendarahan

Pendarahan tentunya menjadi faktor penyebab yang paling berbahaya terhadap penurunan kadar hemoglobin darah. Penyebab yang satu ini sebaiknya segera mendapatkan penanganan yang tepat dari pihak medis sehingga tiak akan membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin.

  1. Kekurangan Nutrisi

Makan jangan sekedar kenyang, akan tetapi harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Hal ini karena tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk bisa berfungsi dengan baik, terlebih lagi bagi ibu hamil. Asupan makanan yang bergizi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin. Nah, kekurangan asupan nutrisi tersebut yang menyebabkan kadar hemoglobin pada ibu hamil menurun sehingga membahayakan janin.

  1. Infeksi Penyakit

Beberapa penyakit kronis menjadi penyebab kadar hemoglobin mengalami penurunan. Diantaranya penyakit jantung, liver, usus, gagal ginjal dan beberapa penyakit organ penting lainnya. Nah, jika ibu hamil menderita salah satu penyakit tersebut maka tidak menutup kemungkinan akan mengalami penurunan kadar hemoglobin sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh selama menjalani masa kehamilan.

Nah, itulah beberapa penyebab kadar hemoglobin menurun pada waktu hamil. Jika sudah diketahui penyebabnya maka akan mempermudah penanganan. Dalam hal ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sehingga tidak membahayakan kesehatan dan juga janin di dalam kandungan. Proses pencegahan juga bisa Anda lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat selama hamil. Perhatikan kebutuhan nutrisi dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi.

Kondisi tubuh ibu hamil yang sehat adalah kunci kehamilan sehat dan terbebas dari resiko berbahaya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This