Manfaat Zat Fitokimia Pada Buah dan Sayur Untuk Anak

Fitokimia atau fitonutrien merupakan zat kimia yang berasal dari tumbuhan yaitu buah dan sayur. Zat fitonutrien tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk si kecil dalam menunjang tumbuh kembangnya. Zat fitokimia memang dibutuhkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun peranan zat tersebut sangat penting bagi tubuh.

Para ahli mengelompokan fitonutrien kedalam zat non gizi. Hal ini karena ketiadaan zat tersebut tidak akan mengganggu proses metabolisme tubuh dan tidak menyebabkan defisiensi nutrisi. Secara umum manfaat fitonutrien yaitu bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi penyakit.

Hingga saat ini zat fitokimia myang sudah diketahui kurang lebih mencapai 25.000 jenis. Jenis fitokimia atau fitonutrien yang mungkin sudah tidak asing lagi yaitu flavonoid, isoflavon, likopen, betakaroten, asam elegat, kuersetin dan katecin.

Nah, Berikut Manfaat Zat Fitonutrien Untuk Si Kecil

  1. Flavonoid

Zat fitonutrien flavonoid banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Flevonoid memiliki tiga jenis yaitu flavonol, hesperidin dan katein. Jenis buah dan sayur yang banyak mengandung zat ini yaitu bawang merah, apel, anggur, lemon, buah berry dan daun teh. Manfaat dari flavonoid yaitu untuk mencegah kanker, mengatasi peradangan dan membantu penyembuhan penyakit asma.

  1. Karotenoid

Secara umum karotenoid banyak ditemukan dalam buah dan sayur yang berwarna merah dan orange seperti wortel, tomat dan pepeya. Dalam masa pertumbuhan, karotenoid bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan si kecil.

  1. Glukosinolat

Jenis sayuran seperti brokoli, kale dan kubis mengandung fitokimia jenis ini dengan kadar yang sangat tinggi. Fungsi dari zat ini yaitu untuk menghmabta pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya.

  1. Asam Elegat

Zat fitonutrien ini terdapat pada buah delima, raspberry dan stroberi. Manfaatnya untuk tubuh yaitu mencegah kanker dan menetralkan zat-zat kimia yang berpotensi menyebabkan timbulnya kanker.

  1. Resveratrol

Peranan resveratrol yaitu sebagai antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi membahayakan kesehatan anak. Zat ini bisa dengan mudah dijumpai pada buah anggur. Selain itu, zat resveratrol juga ternyata ampuh untuk menekan resiko penyakit kanker jantung dan kanker ganas.

Tidak ada standar baku yang menyebutkan mengenai seberapa banyak zat fitokimia dibutuhkan oleh anak. Yang terpenting adalah selalu memberikan sumber makanan yang mengandung zat tersebut sehingga si kecil akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Karena pada dasarnya zat fitonutrien memiliki fungsi yang luar biasa sebagai antioksidan.

Zat fitonutrien bisa Anda berikan untuk sikecil dengan cara memberikan buah-buahan dan sayuran dalam menu makanan harian si kecil. Hal ini juga sebagai salah satu tindakan dalam upaya menerapkan pola hidup sehat pada anak sejak dini.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517