Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang terbilang mewah dan digemari oleh banyak orang. Selain itu, jenis seafood yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya yang cukup tinggi. Seafood terkenal dengan kandungan protein yang sangat tinggi dan asam amino esensial. Nah, pada pembahasan kali ini penulis akan mengulas tentang manfaat luar biasa udang untuk ibu hamil.

Kandungan gizi udang diantaranya yaitu vitamin, zat besi, seng, yodium, selenium, tembaga, omega-3, omega-6, DHA, EPA yang berguna untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Lalu apa saja manfaatnya untuk tumbuh kembang janin?

Beberapa Manfaat Udang Untuk Ibu Hamil

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Udang memiliki kandungan vitamin C dan omega-3 yang berperan penting dalam meningkatkan imun tubuh. Nah, asupan makanan yang kaya nutrisi ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin sehingga terhindar dari resiko penyakit yang berasal dari virus dan bakteri. Bahkan udang juga bermanfaat dalam menjaga stamina dan kebugaran ibu hamil untuk kehamilan yang sehat.

  1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Kandungan asam amino esensial omega-3 yang berupa DHA dan EPA berperan penting dalam membentuk kecerdasan otak anak. Selain itu kandungan kolin akan membentuk penghubung sinaps yang berguna dalam meningkatkan memori bayi.

  1. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung pada udang cukup tinggi sehingga berguna dalam membantu pembentukan hemoglobin darah untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Kasus anemia memang rentan terjadi pada ibu hamil jika asupan zat besi tidak tercukupi dengan baik. Resiko anemia sangat berbahaya bagi perkembangan janin karena menghambat asupan nutrisi.

  1. Pembentukan Tulang

Udang mengandung vitamin D yang berperan penting untuk membantu pembentukan tulang. Vitamin D berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium kedalam tulang. Jika kebutuhan vitamin D tidak tercukupi maka kalsium tidak akan terserap secara optimal.

  1. Kesehatan Jantung

Selain untuk kecerdasan, kolin pada udang berguna untuk memelihara kesehatan jantung ibu hamil. Selain itu, kolin juga akan mencegah terjadinya kelainan jantung pada janin sehingga terhindar dari resiko penyakit jantung bawaan.

  1. Mencegah Gondok

Kekurangan yodium beresiko menyebabkan penyakit gondok pada janin setelah lahir. Dengan mengkonsumsi udang maka janin akan terhindar dari penyakit gondok karena udang tergolong seafood yang tinggi kandungan yodium. Bahkan yodium juga memiliki peran penting untuk kecerdasan otak dan meningkatkan memori anak.

Itulah beberapa manfaat luar biasa udang untuk ibu hamil. Supaya aman dikonsumsi selama hamil, maka sebaiknya masak udang dengan teknik pengolahan yang benar. Pastikan kebersihan dan tingkat kematangan udang supaya terbebas dari bakteri dan kuman berbahaya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517