Manfaat Telur Bebek Lebih Unggul Dari Telur Ayam

Pada zaman sekarang sudah banyak kuliner yang menggunakan bahan dasar telur. Baik itu kuliner kelas atas ataupun kelas bawah seperti jajanan. Telur merupakan salah satu bahan pangan yang terbilang cukup murah dan lebih mudah dijumpai. Bahkan pengolahannya pun bisa dibuat sesimpel mungkin. Salah satunya yaitu telur dadar ataupun telur rebus. Nah, yang akan penulis bahas kali ini yaitu mengenai manfaat telur bebek yang lebih unggul daripada telur ayam.

Telur ayam memang banyak digunakan untuk diolah. Pamor telur ayam memang lebih terkenal dibandingkan dengan telur bebek. Namun, meskipun begitu Anda perlu mengetahui manfaat dari keduanya sehingga bisa memilih yang lebih unggul.

Berikut Daftar Perbandingan Telur Bebek dan Ayam

  • Ukuran Serta Ciri Fisik

Berbicara tentang ukuran, pada dasarnya telur bebek memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan telur ayam.Disamping itu, kedua telur tersebut memiliki perbedaan lain dari segi cangkangnya. Telur bebek pada umumnya memiliki kulit cangkang berwarna hijau kebiruan, sedangkan telur ayam memiliki warna coklat kemerahan.

  • Kandungan Karbohidrat dan Protein

Pada dasarnya telur bebek memiliki keunggulan satu tingkat dibandingkan telur ayam. Telur bebek mengandung lebih banyak  protein daripada telur ayam. Namun kedua telur ini memiliki kandungan karbohidrat yang sama.

  • Vitamin

Dari segi ukuran saja sudah bisa kita prediksi kandungan vitamin yang terkandung di dalamnya. Telur bebek memiliki ukuran yang cukup besar sehingga kuning telurnya berukuran setingkat lebih besar daripada telur ayam. Dari segi kualitatif, kandungannya memang terbilang sama. Akan tetapi jika ditinjau dari segi kuantitatif jelas telur bebek lebih unggul. Kandungan vitamin tersebut diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin E, vitamin D, vitamin B12, folat, thiamin, niacin dan riboflavin.

  • Kalori

Telur bebek memiliki kandungan kalori lebih tinggi yaitu sekitar 185. Sedangkan telur ayam yaitu sekitar 149. Dengan begitu maka energi yang dihasilkan pun lebih baik daripada telur ayam.

  • Mineral

Telur ayam dan bebek memiliki kandungan mineral seperti tembaga, kalium, mangan, zat besi, natrium, zinc dan selenium. Namun karena kuantitas telur bebek lebih besar maka hal inilah yang membuat lebih unggul dari telur ayam. Segi ukuran menjadikan telur bebek mengungguli kandungan mineral tersebut.

  • Kandungan Lemak

Kandungan lemak jenuh telur bebek lebih besar yaitu sekitar 3.68 gram dan telur ayam sekitar 3.1 gram. Begitupun dengan kandungan lemak tak jenuhnya, telur bebek jelas lebih tinggi sehingga Anda perlu membatasi konsumsi telur ini.

  • Kolesterol

Karena ukurannya yang lebih besar, tentunya telur bebek hampir unggul dalam segala hal termasuk kandungan koleterol. Dalam 100 gram telur bebek mengandung 884 mg kolesterol. Sedangkan pada 100 gram telur ayam hanya mengandung 425 mg saja.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517