Manfaat Serta Efek Samping Dari Buah Pinang

Buah pinang merupakan sesuatu hal yang memang tidak asing lagi kita dengar, hal ini dikarenakan buah pinang memiliki manfaat yang baik untuk menjaga eksehatan tubuh.

Dalam budaya daerah tertentu, buah pinang ini biasanya di gunakan sebagai salah satu bahan untuk sebuah tradisi yang memang adi sebut dengan nyirih. Nyirih sendiri melibatkan 3 bahan utama, yaitu daun sirih, kapur juga buah pinang.

Kegunaan lain yang memang sampai sat ini masih popular dari buah pinang yaitu sebagai buah pelengkap pada beberapa acara tertentu, terutama dalam acara ritual kepercayaan.

Bukan hanya penggunaan di atas, buah pinang ini juga diyakini mampu mengobati atau bahkan mencegah beberapa jenis penyakit. Hal ini memang benar, namun ternyata buah pinang juga memiliki efeksamping yang buruk jika di konsumsi secara terus-menerus. Dan berikut ini beberapa manfaat serta efek samping yang dimiliki buah pinang, yaitu sebagai berikut:

Mencegah gigi berlubang

Sirih memang memiliki sifat sebagai antibakteri, sehingga sirih ini juga banayk dimasukkan sebagai bahan tambahan untuk pasta gigi guna mencegah gigi yang berlubang.

Skizofrenia

Menurut NIH, penelitian awal yang telah di lakukan juga menunjukkan bahwa perbaikan gejala pada pasien yang menderita skizofrenia bisa di lakukan dengan nyirih yang memang melibatkan buah pinang. Namun NIH juga mencatat, bahwa buah pinang ini juga bisa menghasilkan efek samping yang tidak baik, yaitu tremor juga kekakuan yang dibuktikan dalam sebuah penelitian skizofrenia.

Mengatasi mulut Kering

Orang yang mengunyah sirih umumnya akan menghasilkan air liur yang jauh lebih banyak, sehingga ini ini juga bisa membantu atau mengatasi orang yang memiliki keadaan mulut yang kering yang memang bisa di sebabkan oleh kondisi kesehatan yang menurun.

Membasmi cacing

Buah pinang yang di kunyah secara alami juga di yakini mampu mengatasi cacingn yang memang bersarang di dalam tubuh atau bahkan susu manusia. Bahkan, hal ini juga telah banyak di gunakan dalam perternakan ayam dengan tujuan untuk membasmi penyakit cacingan pada ayam.

Anda bisa menggunakan buah pinang untuk membasmi cacing. Namun sebaiknya penggunaan buah pinang untuk membasmi cacing ini di hentikan jika Anda merasa sudah terbebas daric acing. Karena penggunaan buah pinang dalam jangka panjang bisa menimbulkan resiko meningkatnya sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Efek samping

Buah pinang sendiri memiliki kandungan beberapa senyawa yang memang memiliki sifat farmakologis. Bukan hanya itu, ternyata penggunaan buah pinang ini juga di yakini mampu memperburuk kondisi seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi juga tekanan darah rendah, bahkan bisa menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur serta asma. Bahkan, penggunaan buah pinang yang berlangsung secara terus menerus juga bisa menyebabkan kanker.

Related Posts

Share This