Manfaat Penting Asam Folat Bagi Kehamilan

Penting untuk di ketahui, bahwa asam folat sangat baik untuk kehamilan, terutama untuk janin yang ada di dalam kandungan. Semua orang tua pastinya sangat mengharapkan untuk memiliki bayi mungil yang sangat lucu, normal tanpa adanya satu kekurangan juga sehat. Nah, salah satu syarat agar Anda bisa mendapatkan bayi idaman, yaitu Anda harus memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi selama masa kehamilan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, dimana makanan tersebut bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi yang memang di butuhkan oleh ibu hamil juga janin yang ada di dalam kandungan. Dan salah satu nutrisi yang sangat penting yang harus tercukupi ketika masa kehamilan yaitu asam volat atau Vitamin B9.

makanan yang mengandung asam folat

Manfaat asam folat yaitu guna mencegah terjadinya cacat lahir yang memang sangat serius pada bayi, maka dari itu bumil sangat di anjurkan untuk mengcukupi kebutuhan asam folat semasa kehamilan. Asam folat ini juga kerap dikenal dengan folat, yang memang dianggap sebagai salah satu pahlawan yang sangat super bagi kehamilan. Asam folat banyak sekali di temukan di beerbagai jenis makanan, seperti serela, biji-bijian, jus jeruk serta berbagai jenis sayuran yang memiliki daun berwarna hijau seperti bayam.

Ada sebuah study yang telah membuktikan, bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi sebanyak 400 mikrogram asam folat setiap harinya, akan membantunya mencegah bayi terkena cacat tabung saraf yang bersifat serius. Bahkan dunia medis juga meyakini, kalau asam folat memiliki efek yang sangat baik serta mendalam untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan.

Lantas, mengapa asam folat sangat penting di konsumsi selama kehamilan? Asam folat ini bukan hanya mampu mencegah janin atau bayi yang ada di dalam kandungan terkena cacat tabung saraf, namun asam folat juga mampu melindungi janin yang ada di dalam kandungan terhadap berbagai masalah lainnya, seperti:

  1. Berat badan lahir rendah
  2. Pertumbuhan yang buruk dalam rahim
  3. Celah bibir dan langit-langit
  4. Kelahiran premature
  5. Mencegah terjadinya keguguran

Nah, tidak di ragukan lagi, kalau asam folat ini merupakan salah satu pahlawan yang sangat berperan penting bagi wanita selama masa kehamilan, termasuk bagi wanita yang berusaha untuk mendapatkan kehamilan. Oleh karena itu, sangat di sarankan kepada Anda untuk mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup.

Baca juga : Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

Sayur berdaun Hijau tua

  1. Asparagus
  2. Brokoli
  3. Buah jeruk
  4. Kacang-Kacangan
  5. Alpukat
  6. Kecambah
  7. Biji-bijian
  8. Labu
  9. Jagung
  10. Wortel dan tomat

Itulah manfaat asam folat bagi ibu juga janin yang ada di dalam kandungan, serta beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi semasa kehamilan yang memang memiliki kandungan asam folat yang baik untuk kehamilan Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517