Manfaat Olahraga Air Atau Aqua Aerobic Untuk Kesehatan

Olahraga memang dianjurkan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa Anda coba, dari mulai olahraga ringan hingga berat. Hal ini tentunya bisa disesuaikan dengan tingkat kemampuan Anda untuk melakukannya. Ada salah satu jenis olahraga yang cukup popular saat ini yaitu jenis olahraga air atau sebutan lainnya yaitu aqua aerobic.

Aqua aerobic bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan untuk Anda coba. Olahraga ini bisa Anda lakukan di kolam indoor maupun outdoor. Waktu ideal untuk melakukan olahraga ini yaitu sekitar 40 hingga 50 menit. Olahraga ini aman untuk dilakukan oleh semua usia. Pada dasarnya aqua aerobic tergolong jenis olahraga yang santai.

Latihan ini menggunakan busa yang berbentuk silindris sehingga bisa mengapung di dalam air. Jika Anda melakukan olahraga ini dengan kolam yang cukup dalam maka bisa menggunakan alat apung. Biasanya orang yang akan mengikuti latihan ini akan memakai perlengkapan khusus seperti alas kaki khusus sehingga aman ketika terpeleset.

Bagi Anda yang akan mengikuti latihan aqua aerobic sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu sehingga otot tidak kaku ketika berada di dalam air. Langkah selanjutnya yaitu dengan mulai melakukan gerakan mengangkat lutut, berjalan di dalam air dan tendangan. Nah, jika semua gerakan telah Anda lakukan maka untuk mengakhirinya yaitu dengan melakukan pendingan selama kurang lebih 5 menit.

Sebaiknya olahraga ini Anda lakukan di dalam kolam dengan kedalaman air sekitar 120 hingga 140 cm. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman dan memudahkan melakukan berbagai gerakan dari aqua aerobic.

Berikut Manfaat Olahraga Aqua Aerobik

Semua jenis olahraga tentunya memiliki manfaat yang positif untuk tubuh jika dilakukan dengan teknik dan gerakan yang benar. Nah, begitupun dengan aqua aerobic yang tergolong jenis olahraga air ini memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaanya untuk tubuh? Berikut ini penjelasannya!

  1. Membantu Sistem Kardio

Salah satu manfaat melakukan olahraga air yang satu ini yaitu baik untuk kesehatan sistem kardio. Bagi Anda yang rutin melakukan olahraga ini maka sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan sistem kardiovaskuler lainnya.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Melakukan olahraga ini secara rutin maka akan berdampak positif untuk menjaga berat badan. Jika dilakukan selama satu jam maka akan membakar kalori sebesar 235 – 345 kalori. Dengan begitu maka olahraga ini cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

  1. Melatih Keseimbangan Otot

Dengan melakukan olahraga air ini secara rutin maka akan membantu menjaga keseimbangan otot tubuh Anda. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal harus dilakukan dengan tepat dan teratur.

Demikian beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan rutin menjalani latihan aqua aerobic. Untuk menunjang kesehatan tubuh Anda, lengkapi juga kebutuhan nutrisi harian dengan memperhatikan pola makan sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517