Manfaat Minyak Ikan Untuk Kehamilan

Dalam menunjang kehamilan yang sehat, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Salah satu sumber makanan yang direkomendasikan oleh dokter kandungan yaitu minyak ikan. Pada dasarnya minyak ikan mengandung nutrisi yang berguna untuk membantu mengoptimalkan sistem saraf janin.

Minyak ikan merupakan produk hasil ekstraksi dari lemak ikan segar dan banyak dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan. Kandungan nutrisi pada minyak ikan sangat bermanfaat dalam membantu proses metabolisme tubuh. Manfaat minyak ikan untuk bayi sangat banyak, salah satunya yaitu untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak.

Minyak ikan mengandung omega-3 yang merupakan asam lemak tak jenuh. Manfaat minyak ikan untuk ibu hamil sangat luar biasa, terutama dalam menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Yang paling signifikan, minyak ikan berguna untuk menunjang kecerdasan serta perkembangan otak si ekcil sejak dalam kandungan.

Asam lemak omega-3 secara umum memiliki 2 bagian yang berguna untuk menunjang tumbuh kembang janin. Bagian dari omega-3 yaitu DHA dan EPA yang merupakan nutrisi penting dalam kehamilan. DHA berperan penting dalam menstimulus pertumbuhan fungsi otak, sistem saraf pusat dan mata. Sedangkan EPA berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, respon imflamasi dan mendukung kinerja jantung.

Bagi Anda yang mendambakan seorang bayi cerdas, maka disarankan untuk mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan salmon dan tuna. Namun, disamping itu nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mudah dari minyak ikan. DHA dan EPA memiliki peran utama dalam menunjang perkembangan kognitif bayi serta pertumbuhan organ-organ lainnya.

Sumber omega-3 yang palin tinggi bisa diperoleh dari ikan salmon, tuna maupun tenggiri. Namun jenis ikan tersebut sangat beresiko mengandung merkuri yang bisa memnbahayakan kehamilan. Nah, maka dari itu supaya lebih aman, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi minyak ikan.

Minyak ikan lebih aman dari paparan merkuri dan kemungkinan sudah hilang dalam proses pengolahan. Namun tetap saja konsumsi minyak ikan harus sesuai dosis dan tidak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan ampak buruk bagi kehamilan.

Ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan DHA sebesar 3000 mg setiap harinya. Jumlah tersebut jika dikonversi yaitu sekitar 1 -3 gram minyak ikan yang harus dikonsumsi per harinya oleh ibu hamil. Asupan omega-3 harus dilakukan secara rutin guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Selain dengan mengkonsumsi minyak ikan, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi tersebut seperti buah alpukat. Omega-3 pada buah alpukat terbilang cukup tinggi diantara buah-buahan yang lainnya.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai manfaat minyak ikan untuk ibu hamil. Semoga penjelasan tersebut menambah wawasan dan menjadi referensi yang informatif serta bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517