Manfaat Minum Susu dan Dampak Mengejutkan Ketika Anda Berhenti Meminumnya

Manfaat minum susu tentunya tidak perlu diragukan lagi dan semua orang pasti mengetahuinya. Susu merupakan salah satu jenis minuman yang terbilang sangat sehat. Susu bisa berasal dari hewan ataupun biji-bijian. Beberapa jenis susu yang sering dikonsumsi seperti susu sapi, susu kambing, susu kedelai, susu kacang hijau dan lain sebagainya.

Pada waktu masih anak-anak mungkin Anda sering dipaksa untuk minum susu dengan tujuan supaya kuat dan sehat. Susu memang terbilang sangat baik untuk proses pembentukan tulang dan menjaga kesehatannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa susu mengandung sejumlah nutrisi yang sangat bermanfaat seperti vitamin, kalsium dan sejumlah mineral penting lainnya. Yang paling dominan dan terkenal dari kandungan susu yaitu memang kalsium.

Mengkonsumsi susu secara rutin dan teratur tentunya akan membuat tubuh senantiasa bugar dan terhindar dari resiko penyakit keropos tulang atau osteoporosis. Susu memang tidak hanya menyediakan manfaat kalsium saja, banyak nutrisi lain yang terkandung didalamnya yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Jika dibahas dan di rinci satu per satu, manfaat susu sangatlah banyak. Namun secara umumnya, jika kita mengkonsumsi susu dengan cara yang baik dan benar tentunya akan memberi pengaruh positif bagi tubuh. Meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan tulang, kesehatan gigi, kesehatan kulit. Itu hanya sebagian contoh kecil dari manfaat susu untuk kesehatan.

Terlepas dari membahas manfaat susu untuk kesehatan, lalu apa dampak buruk jika kita berhenti mengkonsumsi susu? Simak beberapa hal yang mengejutkan jika kita menghentikan kebiasaan minum susu berikut ini.

Dampak Yang Ditimbulkan Jika Kita Berhenti Minum Susu

Berat Badan Mengalami Penurunan

Salah satu hal yang akan terjadi pada tubuh jika kita berhenti minum susu yaitu akan mengalami penurunan berat badan. Mengapa demikian? Tanpa kita sadari bahwa susu mengandung laktosa yaitu bentuk lain dari gula. Nah, kandungan gula pada susu tentunya akan membantu menyeimbangkan kadar insulin pada tubuh.

Hal ini mungkin sangat bermanfaat bagi pelaku diet untuk menurunkan berat badan ideal. Namun bagi Anda yang memiliki berat badan tidak ideal tentunya dampak dari menghentikan kebiasaan minum susu sangat tidak baik bagi tubuh.

Pencernaan Akan Menjadi Lebih Baik

Believe it or not bahwa susu ternyata bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini karena kandungan laktosa pada susu tidak semua orang bisa mencernanya. Hal ini sering dikatakan sebagai intoleransi laktosa. Dampaknya bisa menyebabkan diare.

Nah, dampak mengejutkan jika menghentikan minum susu ternyata bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik. Dalam hal ini Anda bisa memilih jenis susu yang tidak mengandung laktosa sehingga pencernaan tetap dalam keadaan baik.

Ternyata  Berhenti Minum Susu Akan Membuat Tulang Lebih Kuat

Woow, berhenti minum susu akan menjadikan tulang lebih kuat. Menurut hasil riset di salah satu instansi kesehatan menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan minum susu secara rutin justru lebih rentan mengalami patah tulang bagian pinggul. Waah bahaya juga ya sahabat sehat. Namun tentunya hal ini masih dalam tahap pengkajian dari para peneliti.

Menekan Resiko Kanker

Menurut pakar kesehatan dari swedia menyatakan bahwa susu mengandung sejumlah hormone yang bisa memicu kenaikan insulin didalam darah. Nah, ternyata hormone tersebut yang menjadi pemicu timbulnya sel kanker pada tubuh.

Demikian beberapa dampak baik jika berhenti minum susu. Hal ini tentunya berkaitan dengan pola hidup kita sehari-hari. Karena tidak semuanya bisa dikatakan sebagai hal yang tepat. Sebab seperti yang kita ketahui bahwasanya susu mengandung sejumlah nutrisi penting yang juga diperlukan tubuh.

Related Posts

Share This