Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak air. Sayuran ini tidak asing lagi di masyarakat karena sering disajikan sebagai pelengkap atau lalaban pada waktu makan. Selain rasanya yang segar dan nikmat untuk dikonsumsi, ternyata mentimun juga mengandung berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Mentimun memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan air yang banyak dalam mentimun bermanfaat sebagai elektrolit.

Mentimun juga mengandung asam folat, karbohidrat, vitamin C, kalium, vitamin K dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, mentimun memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sehingga akan meminimalisir kolesterol di dalam tubuh.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Macam-Macam Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan

Melancarkan pencernaan

Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung serat dan air. Mengkonsumsi mentimun secara rutin akan membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga sistem pencernaan akan lancar dan bekerja lebih efektif. Sistem pencernaan yang lancar akan meminimalisir terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit ataupun konstipasi.

Mencegah kanker

Mentimun mengandung lignin seperti lariciresinol, pinoresinol dan secoisilariciresinol yang berguna sebagai zat anti kanker.  Mengkonsumsi mentimun secara rutin setiap hari akan menghindarkan anda dari resiko terkena penyakit kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat dan jenis-jenis kanker lainnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mentimun mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh bagus maka tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Menghilangkan bengkak pada mata

Bagi anda yang mengalami mata bengkak akibat menangis ataupun sakit mata, mentimun bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan bengkak pada mata. Caranya yaitu dengan menaruh irisan mentimun pada bagian mata yang bengkak, lalu diamkan beberapa saat. Aktivitas anti imflamasi dari zat yang terkandung pada buah mentimun akan mengurangi dan menghilangkan bengkak pada mata.

Menjaga kesehatan darah

Kandungan sterol dalam buah mentimun berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, kandungan magnesium, serat dan kalium pada buah mentimun sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tinggi ataupun darah rendah. Mentimun juga bisa sebagai obat alami diabetes karena mengandung hormone yang bisa menjaga produksi insulin pada sel penkreas.

Menghilangkan bau mulut

Permasalahan bau mulut seringkali terjadi pada kebanyakan orang. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengkonsumsi buah mentimun. Hal ini karena mentimun mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Mengatasi sakit kepala pada pagi hari (morning sickness)

Sakit kepala pada pagi hari biasanya sering dirasakan oleh ibu hamil. Kondisi seperti ini seringkali mengganggu kenyamanan ibu hamil dalam beraktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengkonsumsi mentimun karena mentimun mengandung vitamin B dan elektrolit yanga akan mengurangi sakit kepala pada pagi hari.

Bermanfaat bagi ibu hamil

Mentimun ternyata memiliki manfaat bagi ibu hamil untuk mendukung perkembangan otak janin di dalam kandungan karena mentimun memiliki zat omega-3. Selain itu, mentimun mengandung senyawa yang akan membuat bagian bibir rahim lebih elastis pada waktu persalinan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517