Manfaat Mengunyah Makanan Untuk Bayi

Memasuki usia balita, permasalahan yang sering dihadapi oleh kebanyakan orangtua yaitu kebiasaan si kecil yang tidak mau mengunyah makanan. Biasanya si kecil cenderung langsung menelan makanan atau mengemutnya tanpa melalui proses mengunyah. Hal ini terkadang membuat sebagian orangtua merasa kesal dan khawatir. Makanan bayi yang tidak dikunyah tentunya akan membuat penyerapan nutrisi tidak optimal.

Dalam hal ini penting sekali bagi Anda untuk melatih kemampuan si kecil dalam hal mengunyah makanan sebagai upaya untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Pada dasarnya makanan untuk bayi memiliki tektur lembut, namun meskipun demikian harus tetap melalui proses mengunyah sehingga kinerja sistem pencernaan tidak terlalu berat.

Secara umum mengunyah makanan merupakan suatu keterampilan alamiah yang harus dimiliki oleh setiap anak. Akan tetapi secara tidak langsung keterampilan tersebut harus dilatih dengan baik sehingga akan menjadi kebiasaan hingga dewasa.

Mengunyah adalah sebuah proses penting untuk memotong dan melunakkan makanan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kerja dari lambung dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Kabiasaa mengunyah makanan bisa mulai dilatih sejak bayi mendapatkan MPASI. Dalam hal ini peran aktif Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan.

Berikut Manfaat Mengunyah Makanan

  • Menguatkan gusi dan rahang

Manfaat mengunyah makanan yang pertama yaitu untuk memperkuat gusi dan rahang si kecil. Dalam melatih proses mengunyah makanan, Anda harus melakukannya secara bertahap dengan tekstur makanan yang disesuaikan. Dengan mengunyah makanan yang bertekstur maka akan membantu meperkuat gusi serta rahang si kecil, terlebih lagi jika sering mendapatkan asupan makanan yang berserat.

Pada dasarnya makanan yang mengandung serat membutuhkan proses mengunyah yang lebih baik dan membantu membersihkan mulut dan gusi si kecil. Kebersihan mulut jika terganggu maka beresiko menyebabkan terjadinya sariawan atau radang gusi.

  • Membantu proses pencernaan

Mengunyah makanan dengan baik akan memudahkan kinerja lambung dan penyerapan nutrisi. selain itu dengan mengunyah maka makanan akan mendapatkan enzim dari air liur yang akan berfungsi dalam memecah zat gizi untuk proses penyerapan yang lebih baik.

  • Bahan makanan yang bervariasi

Dalam tahap melatih kemampuan si kecil untuk mengunyah maka Anda bisa memberikan bahan makanan yang tidak terlalu alot. Pilihlah bahan makanan yang mudah dicerna dengan menu yang lebih bervariasi sehingga kebutuhan nutrisi si kecil akan tercukupi dengan baik. Cobalah untuk selektif dalam memilih jenis makanan.

Itulah beberapa manfaat mengunyah makanan untuk bayi. Ajarkan kebiasaan mengunyah sejak dini untuk memaksimalkan kemampuan si kecil dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi. Cara mengunyah yang benar memungkinkan lebih banyak zat gizi yang bisa diserap di dalam usus. Selain itu, hal ini akan berguna untuk membantu lambung supaya tidak bekerja terlalu keras.

Related Posts

Share This