Manfaat Mengkonsumsi Buah Labu Kuning Bagi Kesehatan

Labu kuning adalah salah satu jenis sayuran yang termasuk kedalam kelompok cucurbitacea. Sayuran jenis ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, bahkan pada saat ini banyak orang yang membuat olahan makanan dengan bahan dasar labu. Buah labu memiliki citarasa yang nikmat dan aroma yang khas serta tekstur daging buah yang lembut apabila sudah di masak. Selain rasanya yang enak, ternyata labu mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A (beta karoten), vitamin B, vitamin C, karbohidrat, serat, asam folat, zat besi, protein, kalsium dan potassium. Kandungan nutrisi tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat labu untuk kesehatan?

Labu kuning

Berikut Ini Manfaat Mengkonsumsi Buah Labu Untuk Kesehatan

  • Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat labu yang pertama yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan. Labu merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan seperti komplikasi atau sembelit.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Labu memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bermanfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, labu juga berguna sebagai detoks untuk mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan nutrisi pada buah labu seperti kalsium sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah resiko pengeroposan tulang (osteoporosis). Labu juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada tulang akibat dari penyakit arthritis osteoporosis.

  • Mencegah penyakit kanker

Labu mengandung nutrisi seperti karotenoid dan seng yang berguna untuk menghambat sel-sel kanker. Kandungan karotenoid pada buah labu juga bisa mencegah penyakit kanker prostat. Buah labu juga mengandung beta karoten yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini, resiko kanker dan penyakit hati.

  • Menjaga kesehatan pernapasan

Bagi Anda yang memiliki permasalahan pada sistem pernapasan dianjurkan untuk mengkonsumsi labu. Hal ini karena labu sangat kaya akan zat antioksidan yang berguna untuk mengatasi permasalahan seputar pernapasan seperti penyakit asma. Mengkonsumsi labu secara rutin akan meredakan masalah pernapasan tersebut.

  • Meredakan stres dan memperbaiki mood

Kandungan asam amino dan tryptophan pada buah labu berkhasiat untuk memperbaiki mood dan menghilangkan stres. Bagi Anda yang sedang mengalami stres karena banyak permasalahan akibat tekanan pekerjaan atau lain sebagainya, sebaiknya mencoba untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini.

  • Menurunkan resiko penyakit hipertensi

Penderita hipertensi bisa mencoba mengkonsumsi labu untuk meredakan penyakit tersebut. Labu memiliki kandungan potassium yang berguna untuk menurunkan dan mengatasi resiko penyakit hipertensi.

  • Mencegah penyakit diabetes

Buah labu adalah sumber kalori yang baik karena memiliki kandungan gula dengan kadar yang sangat rendah. Mengkonsumsi buah labu secara teratur akan menyeimbangkan dan mengontrol kadar gula dalam darah sehingga mencegah resiko penyakit diabetes.

  • Menjaga kesehatan kulit

Manfaat labu kuning untuk kesehatan yang terakhir yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Labu mengandung vitamin E, asam lemak, protein, seng dan magnesium yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan nutrisi tersebut akan meregenerasi sel-sel kulit sehingga membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan kulit.

Related Posts

Share This