Manfaat Melon Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Konsumsi buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dam meningkatkan sistem imun.

Jenis buah-buahan sangat beragam dan semuanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur. Nah, salah satu jenis manfaat buah yang akan penulis bahas kali ini yaitu melon.

Melon tergolong salah satu jenis buah yang sangat berkualitas karena kandungan nutrisinya sangat lengkap. Selain itu juga buah melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Buah melon bisa mencegah penyakit serangan jantung dan juga kanker. Kandungan senyawa dan nutrisi pada buah melon bisa mengatasi kedua penyakit ganas tersebut.

Berikut Beberapa Manfaat Buah Melon yang Harus Anda Ketahui

Mencegah Serangan Jantung

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa buah melon mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk mengatasi serangan jantung. Buah melon mengandung adenosine yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah yang bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Dengan mengkonsumsi buah melon secara teratur maka akan membantu melancarkan sirkulasi darah merah. Hal inilah yang akan membuat kinerja jantung semakin ringan dan lebih baik.

Mencegah Kanker

Konsumsi buah melon secara teratur dan rutin bisa menghindarkan Anda dari resiko penyakit ganas seperti kanker. Mengapa demikian? Hal ini karena melon memiliki pigmen berupa zat antioksidan yaitu Karotenoid.

Mencegah Radikal Bebas

Melon mengandung antioksidan flavonoid berupa lutein, beta karoten, cryptoxanthin dan zea xanthin. Nah, beberapa antioksidan tersebut berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Maka secara tidak langsung akan emncegah penyakit paru-paru, kanker pancreas, kanker payudara, prostat dan melindungi usus besar.

Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten yang berfungsi sebagai vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata sehingga mempertajam penglihatan Anda. Konsumsi selalu buah melon untuk mencegah berbagai risiko gangguan penyakit pada mata.

Kesehatan Kulit

Bahkan bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang sehat, konsumsilah buah melon secara rutin dan teratur. Buah melon mengandung kolagen yang merupakan protein untuk kesehatan jaringan kulit. Kolagen juga berfungsin untuk mengencangkan kulit dan membuat kulit selalu halus.

Mencegah Penyakit Stroke

Kalium yang terdapat pada buah melon secara efektif bisa membantu mengontrol tekanan darah dan juga irama jantung. Konsumsilah buah melon secara teratur untuk mendapatkan manfaat luar biasa tersebut.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, konsumsilah buah melon secara rutin. Kandungan serat dan nutrisi penting lainnya pada buah melon secara efektif akan memperlancar pencernaan dan memmbantu proses metabolisme.

Nah, itulah manfaat buah melon yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Mulailah mengkonsumsi buah yang sehat ini secara rutin dan teratur. Buah melon sangat mudah diperoleh karena banyak dijual dipasaran atau di supermarket.

Buah melon bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi pengananan yang lebih bervariasi. Contohnya diolah menjadi jus melon, dibuat campuran salad ataupun kreasi lain sesuai dengan selera masing-masing.

Supaya rasanya lebih enak, pilihlah jenis buah melon yang sudah benar-benar matang. Alangkah lebih baiknya jika buah melon tersebut diperoleh dari hasil pertanian organic sehingga terbebas dari bahan kimia pestisida. Semoga bermanfaat, salam sehat selalu.

Related Posts

Share This