Manfaat Melakukan USG 4D Terhadap Kehamilan

Adanya teknologi USG ini telah banyak membantu para dokter dalam menjaga kehamilan yang memang bisa berdampak terhadap kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Dengan adanya teknologi yang satu ini, pastinya bisa membantu para dokter dalam merawat kehamilan agar tetap aman bahkan bisa lebih mudah dalam mempredikdi masa persalinan. Namun untuk saat ini, perkembangan USG bukan lagi sekedar gambar yang terlihat di dalam layar yang memiliki warna hitam juga putih, namun saat ini telah hadir USG yang memiliki dimensi yang jauh lebih canggih, yaitu 4D.

Masih seputar kehamilan, adanya USG 4D adalah proses penyempurnaan dalam perkembangan teknologi ultrasonografi yang mana mampu merekam janin yang ada di dalam rahim, walaupun banyak diantaranya orang-orang yang mengatakan bahwa USG 4D ini merupakan USG live 3D. Namun pada dasarnya, kemampuan yang dimiliki oleh USG 4D hampir sama dengan kemampuan yang dimiliki oleh USG 3D, yakni membaca sejumlah gerakan janin agar lebih akurat. Namun dengan menggunakan USG 4D, bisa mengidentifikasi adanya kelainan yang terjadi pada si kecil hingga 85%.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat bagi Anda ketika menggunakan USG 4D dalam memeriksakan kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi Kesehatan Janin Lebih Akurat

Di usia kehamilan 11-14 minggu, maka USG 4D mampu mengindentifikasi adanya kelainan yang terjadi pada janin yang ada di dalam kandungan sebanyak 85%. Kelainan tersebut seputar adanya kelainan terhadap kromosom, down syndrome atau bahkan mendeteksi adanya kelainan jantung bawaan dini.

  1. Mengetahui Gerakan Janin Dengan Detail

Salah satu kelebihan yang memang dimiliki oleh USG 4D yaitu mampu melihat gerakan janin yang ada di dalam kandungan secara detail, misalkan seperti kemampuannya dalam menghisap ibu jari, memukul hingga menendang. Sehingga dengan adanya kemampuan yang dimilikioleh janin ini mampu memberikan sejumlah informasi yang jauh lebih banyak terkait keadaan janin, sehingga bunda bisa mengamati prilaku janin yang ada di dalam kandungan dengan baik. Dan hal ini juga bisa membantu Anda dalam merasakan setiap gerakan janin yang sesungguhnya mereka seperti telah hadir di dunia ini.

  1. Dapat Menyimpan Gerakan seperti Film

Bukan hanya itu, kelebihan dari USG 4D ini yaitu memiliki kemampuan menimpan gerakan atau bahkan penampilan janin ke dalam database computer, sehingga hal ini bisa diputar ulang layaknya melihat film, bahkan salinan dari rekaman ini juga bisa di simpan di dalam CD atau bahkan flashdisk. Dan inilah yang menjadikan USG 4D menjadi pilihan yang terbaik.

Walaupun USG 4D memiliki kelebihan dalam mengoprasikannya, namun ada beberapa kekurangan seperto posisi janin dalam kandungan, keadaan janin yang tengah membelakangi, dan sulitnya melihat sejumlah organ yang ada di bagian depan ketika janin yang ada di dalam kandungan telungkup. Pengamatan ini juga tidak bisa menghsasilkan bentuk wajah yang sempurna, melihat keadaan tangan serta bagian dinding perut juga dada. Sehingga dalam melakukan proses 4D hanya bisa dilakukan ketika keadaan janin tengah menghadap ke depan. Selain manfaat melakukan USG 4D, Anda juga bisa membaca artikel lainnya mengenai tanda-tanda hamil. Semoga membantu!

Related Posts

Share This