Manfaat Luar Biasa Buah Melon Untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral pada buah sangat efektif untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, manfaat lain buah melon untuk ibu hamil yaitu mengatasi gejala dan keluhan pada wal kehamilan seperti mual dan muntah.

Buah melon dikatakan sebagai buah yang bermanfaat untuk kehamilan karena mengandung vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang menunjang kesehatan serta pekembangan janin di dalam kandungan. Secara umum, buah melon mengandung vitamin B1, vitamin A, vitamin C, zat besi, posfor, kalsium, karotenoid dan antikoagulan.

Nah, Berikut Manfaat Luar biasa Buah Melon Untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah radikal bebas

Manfaat melon untuk ibu hamil yang pertama yaitu untuk mencegah radikal bebas. Buah melon memiliki kandungan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal racun dan bakteri pathogen yang bisa menyebabkan infeksi.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Seperti halnya buah pada umumnya, buah melon memiliki kandungan serat cukup tinggi yang berguna untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan. Pada masa kehamilan biasanya masalah pencernaan yang sering dihadapi oleh ibu hamil yaitu susah BAB atau sembelit. Nah, masalah pencernaan tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah melon secara teratur.

  1. Menjaga berat badan ideal

Khasiat buah melon untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu untuk menjaga berat badan ideal pada ibu hamil sehingga mencegah obesitas selama kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa obesitas akan berdampak terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, obesitas sangat beresiko terhadap persalinan. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah buah melon secara rutin dan teratur selama menjalani masa kehamilan.

  1. Mengatasi panas dalam

Keluhan lain yang sering dirasakan oleh ibu hamil yaitu panas dalam. Dengan mengkonsumsi buah melon maka sangat berguna untuk mengatasi hal tersebut selama kehamilan. Hindari obat panas dalam yang banyak di jual di warung-warung karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

  1. Membantu pembentukan organ janin

Buah melon memiliki kandungan mineral yaitu salah satunya posfor yang berguna untuk menunjang pembentukan sistem organ pada janin. Kebutuhan posfor pada waktu hamil meningkat sehingga dengan mengkonsumsi buah melon menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.

  1. Mencegah bayi lahir cacat

Kandungan vitamin A pada buah melon bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin dan mencegah janin lahir cacat. Vitamin A juga berperan penting dalam menyeimbangkan fungsi jantung, paru-paru dan ginjal pada janin.

Itulah khasiat buah melon untuk ibu hamil yang luar biasa. Buah melon bisa dikonsumsi secara langsung, diolah menjadi jus ataupun salad buah. Selain itu, anda juga bisa membuat variasi cemilan dari buah melon seperti puding buah melon. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This