Manfaat Luar Biasa Asam Folat Untuk Bayi

Asam folat atau vitamin B12 merupakan salah satu jenis nutrisi yang memiliki peranan penting untuk tubuh. Fungsi dari asam folat diantaranya yaitu sintesis DNA, membantu metabolisme asam amino dan pembentukan eritrosit dan leukosit. Selain itu, ternyata manfaat asam folat juga sangat luar biasa untuk ibu hamil dalam menunjang perkembangan janin di dalam kandungan.

Manfaat asam folat pada janin diantaranya untuk membantu pertumbuhan dan pembelahan sel. Dalam hal ini, jika asupan asam folat kurang maka akan berdampak terhadap perkembangan janin sehingga pertumbuhan sel tidak sempurna. Kasus yang paling banyak terjadi akibat dari kekurangan asam folat yaitu cacat lahir pada bagian tempurung kepala.

Secara umum manfaat asam folat untuk bayi yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf. Asam folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan pembentukan sumsum tulang belakang. Selain itu, Asam folat juga berperan penting dalam memperbaiki dan menjaga kinerja sistem DNA ataupun RNA pada bayi.

Asam folat bisa Anda peroleh dari berbagai sumber makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak, biji-bijian, sereal, hati dan kacang-kacangan. Meskipun mengandung asam folat, namun ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi hati sapi terlalu banyak karena bisa mengakibatkan gangguan pada kehamilan.

Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan asam folat selama hamil dengan mengkonsumsi berbagai sumber makanan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Defisiensi asam folat akan berdampak negatif terhadap kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin. Resiko yang ditimbulkan dari kekurangan asam folat sangat besar dan mungkin susah untuk disembuhkan setelah bayi lahir. Bahkan pada kondisi yang lebih parah, kekurangan asam folat bisa mengakibatkan keguguran.

Gangguan asam folat akan menyebabkan gangguan pada proses metabolisme DNA. Defisiensi tersebut akan berdampak terhadap sel-sel yang umumnya cepat membelah seperti sel darah putih, sel darah merah, sel-sel epitel pada lambung dan usus. Selain itu kekurangan asam folat sangat beresiko menyebabkan anemia pada ibu hamil sehingga menghambat asupan nutrisi untuk janin.

Kekurangan asam folat bisa dipicu oleh konsumsi obat-obatan atau alkohol. Zat kimia yang terkandung di dalam obat bisa menghambat penyerapan asam folat. Pemicu lain kekurangan asam folat yaitu terganggunya proses absorbsi. Dalam hal ini ibu hamil tidak dianjurkan untuk menkgkonsumsi makanan ataupun minuman yang menagndung alkohol dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat tanpa resep dokter.

Jenis gangguan yang diakibatkan oleh kekurangan asam folat yaitu cacat otak dan sumsum tulang belakang. Kondisi yang jelas terlihat yaitu bayi mengalami bibir sumbing, berat badan rendah dan mengalami down syndrome. Selain itu, bayi mengalami kelainan pada pembuluh darah dan beresiko mengalami anemia.

Related Posts

Share This