Manfaat Konsumsi Makanan Sehat Berwarna Ungu

Makanan sehat adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi akan memberikdan dampak positif yang sangat banyak tentunya untuk kesehatan tubuh. Hanya saja sayangnya banyak orang yang mengabaikan akan pentingnya konsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Jika menelisik lebih jauh akan manfaat makanan sehat untuk tubuh mungkin banyak orang yang akan tercengang.

Berdasarkan tren yang beredar, bahwa pada masa yang akan datang aka nada tren bahan pangan berwarna ungu. Hal ini bukan pewarna makanan melainkan bahan makanan yang berwarna ungu dari kelompok buah dan sayur. Seperti yang kita ketahui banyak sekali jenis makanan yang berwarna ungu dari kelompok buah dan sayur.

Salah satu contoh buah-buahan yang berwarna ungu yaitu buah anggur. Buah yang satu ini memiliki rasa yang enak dan manis. Selain itu kandungan nutrisi pada buah anggur tidak perlu diragukan lagi sebab mengandung banyak sekali zat gizi.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Makanan sehat Berwarna Ungu

Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Nah, salah satu manfaat makanan yang berwarna ungu yaitu menncegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker didalam tubuh. Salah satunya buah blueberry yang kaya akan kandungan antosianin. Zat tersebut bisa mencegah terjadinya sel kanker payudara pada wanita. Selain itu blueberry juga bisa mencegah perkembangan kanker prostat.

Mencegah Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Bahan makanan pangan yang berwana ungu secara umum bukanlah jenis makanan yang tinggi kalori. Makanan ini mengandung antosianin yang memiliki manfaat untuk menjaga berat badan ideal. Dengan mengkonsumsi makanan ini maka akan menjaga berat badan ideal dan mencegah kelebihan berat badan.

Anti Penuaan

Makanan yang berwarna ungu kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin serta nutrisi penting lainnya. Nah, antioksidan memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah radikal bebas yang bisa mengakibatkan terjadinya penuaan dini. Dengan mengkonsumsi makanan ini secara rutin dan teratur akan memberikan dampak yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Menguatkan Otak

Buah-buahan maupun sayuran yang berwarna ungu kaya akan kandungan antioksidan dan nutrisi yang penting untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur maka hal ini akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh dan juga otak. Senyawa antioksidan pada makanan tersebut akan memeliharan sel-sel otak dan menghindarkannya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat akan membuat hidup lebih sehat. Konsumsi makanan yang bergizi secara rutin dan teratur untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan yang berwarna ungu akan membantu meremajakan sistem kardiovaskuler sehingga mencegah kerusakan pada jantung dan memaksimalkan kinerja jantung.

Demikian beberapa manfaat makanan sehat berwarna ungu untuk tubuh. Mulai sekarang konsumsilah makanan yang bergizi seperti buah-buahan berwarna ungu atau dari kelompok sayuran. Memperhatikan asupan makanan sehat untuk tubuh artinya kita peduli dalam menjaga kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan makanan berwarna ungu bukanlah hal yang sulit. Anda hanya tinggal konsumsi buah dan sayur secara rutin. Banyak jenis buah dan sayur yang berwarna ungu yang dengan mudah bisa Anda peroleh di pasar atau swalayan. Mulailah dari sekarang untuk tubuh yang sehat, kehidupan yang menyenangkan.

Pola hidup atau pola makan sehat sangat mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Jangan pernah mengabaikan kesehatan tubuh. Mulailah pilih makanan sehat dan atur jadwal makan dengan tepat. Semohga bermanfaat!

Related Posts

Share This