Manfaat Konsumsi Buah Untuk Ibu Melahirkan

Selamat ya Bunda, kini si kecil yang dinanti-nanti sejak berbulan-bulan akhirnya terlahir dengan sehat dan selamat. Memiliki buah hati menjadi suatu kebanggan dan melengkapi kebahagiaan berumah tangga.

Setelah melahirkan tentunya tugas bunda belum selesai, kini harus mulai memikirkan cara terbaik untuk merawat dan membesarkan si kecil. Satu hal yang perlu diperhatikan setelah melahirkan yaitu proses pemulihan kesehatan bunda dan memberikan nutrisi untuk si kecil melalui ASI.

Supaya produksi ASI lancar dan proses pemulihan tubuh lebih cepat maka diperlukan asupan makan yang bergizi setiap harinya. Salah satu yang akan penulis bahas kali ini yaitu tentang manfaat buah untuk ibu melahirkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa buah dan sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang bernutrisi tinggi sehingga tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Ibu melahirkan tentunya memerlukan makanan dengan kandungan nutrisi yang maksimal dalam upaya proses pemulihan. Dalam hal ini buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi ibu pasca melahirkan dan menjalani proses menyusui yaitu buah pisang. Buah yang satu ini terbilang buah yang sangat mudah diperoleh dipasaran. Meskipun begitu buah pisang kaya akan menfaat terutama bagi ibu menyusui.

Kandungan nutrisi pada buah pisang tidak perlu diragukan lagi. Buah pisang mengandung vitamin, mineral dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Dalam upaya pemulihan kondisi pasca melahirkan buah pisang sangat cocok untuk dikonsumsi.

Berikut Ini Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Melahirkan

Mencegah Terjadinya Pendarahan Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan sangat rentan terjadinya pendarahan dan hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Pendarahan rentan menyebabkan komplikasi dan terjadinya infeksi pada sang ibu pasca melahirkan.

Baca Juga:  Cara Jitu Agar Pembukaan Cepat Saat Melahirkan

Nah, untuk mencegah hal tersebut maka bisa mengkonsumsi buah pisang yang kaya akan nutrisi. Buah pisang mengandung vitamin dan mineral yang akan membantu proses pemulihan bagian Rahim dan organ intim wanita pasca melahirkan.

Bunada bisa mengkonsumsi buah pisang secara langsung ataupun membuat olehan dari pisang. Namun untuk manfaat yang luar biasa mlebih baik konsumsi secara langsung tanpa diolah.

Merapatkan Organ Reproduksi

Organ reproduksi tentunya akan mengendur pasca melahirkan. Untuk merapatkan kembali organ tersebut maka bisa mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur. Sejumlah nutrisi pada buah pisang berperan penting dalam memperbaiki otot-otot, jaringan dan sela pada organ reproduksi sehingga kembali rapat.

Menu Diet Setelah Melahirkan

Supaya tetap terlihat cantik pasca melahirkan maka konsumsilah buah pisang secara rutin. Kandungan serat pada buah pisang akan membantu menjaga bentuk tubuh ideal Anda. Hal ini karena serat memiliki kemampuan untuk membantu proses metabolisme tubuh dan memperlancar pencernaan.

Mencegah Sembelit

Sembelit adalaha salah satu keluhan yang biasanya terjadi pasca melahirkan. Hal ini karena kemampuan dari system pencernaan sedikit menurun akibat adanya perubahan hormaon pada waktu melahirkan.

Untuk memperlancara pencernaan, konsumsilah buah pisang yang kaya akan vitamin, mineral dan tentunya serat. Kandungan serat tersebut yang memiliki peran penting dalam meperlancar pencernaan.

Konsumsilah buah pisang minilal satu buah per hari. Masalah pencernaan akan senantiasa teratasi dan bunda tidak akan mengalami keluhan selama proses merawat si kecil.

Demikian manfaat buah untuk ibu melahirkan. Konsumsi teratur dan imbangi dengan makanan bergizi lainnya maka akan senantiasa terhindar dari keluhan pasca melahirkan. Jangan lupa periksakan kondisi kesehatan pasca melahirkan supaya tidak ada masalah seperti infeksi atau komplikasi lainnnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517