Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi seorang wanita pada waktu hamil akan meningkat karena adanya janin di dalam kandungan yang memerlukan asupan makanan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Semua kebutuhan nutrisi atau zat gizi selama masa kehamilan harus terpenuhi supaya tidak akan terjadi gangguan dalam pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil. Meningkatnya kebutuhan nutrisi bukan berarti harus memperbanyak porsi makan, akan tetapi meningkatkan kualitas makanan yang mengandung nutrisi untuk kebutuhan selama menjalani kehamilan.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Salah satu makanan yang mengandung banyak nutrisi dan sangat bagus untuk ibu hamil adalah kacang hijau. Sebagaimana yang kita ketahui kalau kacang hijau itu merupakan salah satu polong-polongan yang sangat kaya akan kandungan protein nabati dan sebagai sumber mineral yang penting untuk tubuh. Selain itu, kandungan zat besi, asam folat dan serat yang terkandung di dalam kacang hijau sangat berguna sekali untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Maka dari itu penting sekali bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi dan mengetahui manfaat kacang hijau.

Manfaat Zat Gizi Yang Terkandung Pada Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Asam folat

Kacang hijau bisa dijadikan nutrisi tambahan untuk ibu hamil karena kacang hijau mengandung asam folat yang berguna untuk membantu perkembangan saraf pada janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk mengurangi terjadinya resiko cacat pada janin dan kelainan pada jantung. Selain itu, asam folat sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah dan membantu metabolisme protein di dalm tubuh.

Kalium dan posfor

Posfor berguna untuk membantu metabolisme di dalam tubuh ibu hamil. Sedangkan kalium berguna untuk menjaga keseimbangan asam basa pada darah serta untuk menjaga kontraksi otot jantung supaya bekerja dan berfungsi dengan normal.

Vitamin

Kacang hijau mengandung berbagai macam vitamin yang sangat berguna untuk wanita yang sedang hamil. Vitamin yang terkandung di dalam kacang hijau yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Vitamin B1 dan vitamin B2 berguna untuk membantu melancarkan pencernaan, pertumbuhan dan perkembangan janin serta untuk membantu penyerapan protein. Vitamin A berguna untuk mencegah bayi lahir prematur dan untuk kesehatan mata bayi. Selain itu, vitamin C berguna untuk meningkatkan kesuburan ibu hamil dan sebagai antioksidan. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau untuk ibu hamil.

Protein

Kacang hijau mengandung protein kompleks yang merupakan pembentuk asam amino esensial dan non esensial. Fungsi dari protein yaitu untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan membantu perkembangan janin. Selain itu, kandungan protein pada kacang hijau juga sangat bagus untuk pertumbuhan rambut bayi.

Mineral

Kandungan mineral pada kacang hijau sangat banyak sekali. Salah satunya yaitu zat besi dan kalsium. Manfaat kalsium selama masa kehamilan yaitu untuk membantu memperkuat tulang pada janin dan juga ibu hamil. Kekurangan kalsium selama masa kehamilan akan sangat berbahaya bagi ibu hamil karena janin akan mengambil cadangan kalsium dari tulang sang ibu sehingga akan mengakibatkan osteoporosis. Selain itu, zat besi berguna untuk mencegah pendarahan ketika proses persalinan.

Serat

Kandungan serat pada kacang hiaju berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil dan memelihara kesehatan pencernaan.

Rendah lemak

Kandungan lemak pada kacang hijau sangat rendah sehingga aman bagi ibu hamil dan mengurangi resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Karbohidrat

Kacang hijau juga mengandung karbohidrat yang akan berguna bagi ibu hamil sebagai penambah energi. Kandungan zat pati pada kacang hijau akan diubah menjadi energi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Demikian beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang sangat berguna dalam membantu memenuhi sebagian gizi atau nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Konsumsilah kacang hijau sebagai nutrisi tambahan selama masa kehamilan supaya kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin akan terpenuhi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517