Manfaat Jus Buah-buahan dan Sayuran Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Asupan nutrisi tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencukupi kebutuhan janin di dalam kandungan. Kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi akan mengakibatkan perkembangan janin terganggu. Asupan gizi dan nutrisi yang baik pada waktu hamil akan menunjang perkembangan janin dan membantu ibu hamil dalam menjalani proses kehamilan.

Manfaat Jus Buah-buahan dan Sayuran Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan perkembangan janin di dalam kandungan maka kebutuhan nutrisi akan bertambah. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan tahapan dan usia kehamilan. Akan tetapi terkadang ibu hamil mengalami berbagai kendala dan keluhan dalam memenuhi asupan nutrisi tersebut. Salah satunya yaitu gejala yang membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan seperti mual, muntah dan pusing. Untuk mengatasi keluhan tersebut, ibu hamil bisa mengganti asupan nutrisi dengan cara lain yang lebih menyenangkan seperti mengkonsumsi jus sayuran dan buah-buahan untuk ibu hamil.

Jus Buah Yang Sehat Untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Waktu Hamil

Jus alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak gizi. Buah alpukat mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, kalium dan potassium yang berguna untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak serat untuk melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil. Kandungan lemak, kalori dan minyak pada buah alpukat bermanfaat untuk menambah energi bagi ibu hamil dan mencukupi semua kebutuhan nutrisi setiap harinya.

Jus jeruk

Mengkonsusmsi jus jeruk secara rutin pada waktu hamil akan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan. Hal ini karena jeruk mengandung vitamin C yang berguna sebagi antioksidan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, jeruk juga berguna untuk menjaga kebersihan saluran pernapasan dan menjaga kesehatan hati.

Jus mangga dan pepaya

Manfaat buah-buahan untuk kesehatan yang selanjutnya bisa diperoleh dari buah mangga dan pepaya. Buah mangga memiliki khasiat alami yaitu untuk melancarkan peredaran darah pada ibu hamil dan mencegah terjadinya dehidrasi. Sedangkan buah pepaya memiliki manfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit pada ibu hamil. Selain itu, buah mangga dan pepaya berguna untuk mencegah terjadinya pembengkakan dan peradangan selama masa kehamilan.

Jus pir

Manfaat buah pir bagi ibu hamil yaitu untuk membantu mengatasi keluhan seperti mual dan muntah akibat dari adanya produksi asam lambung yang berlebih akibat dari adanya perubahan hormon kehamilan.

Jus wortel

Kandungan nutrisi pada wortel berguna untuk mencegah terjadinya preeklamsia dan menurunkan kadar gula dalam darah. Wortel juga bermanfaat untuk mengatasi kelelahan dan memberikan energi tambahan bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin A pada wortel sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Jus apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan pektin.  Kandungan zat tersebut berguna untuk menurunkan dan mengatasi kadar kolesterol. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi jus apel akan membantu ibu hamil dalam mengatasi keluhan susah tidur selama menjalani masa kehamilan.

Jus mentimun

Timun adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung silicat yang berguna untuk menjaga ligament dan jaringan otot pada ibu hamil. Selain itu, mentimun untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk mengatasi keluhan selama masa kehamilan seperti kram otot dan sakit punggung.

Jus bayam

Mungkin ibu hamil merasa aneh mendengarnya dan tidak akan tertarik dengan jus yang satu ini. Akan tetapi tahukah Anda bahwa manfaat sayur untuk kesehatan seperti jus bayam yang banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama hamil. bayam mengandung magnesium, vitamin K, vitamin A, vitamin C, vitamin B, zat besi dan asam folat yang berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This