Manfaat Jalan Kaki Pagi Untuk Lancarkan Persalinan

Banyak ibu hamil yang merasa khawatir dan cemas ketika memasuki usia kehamilan tahap akhir. Terlebih lagi bagi ibu baru biasanya kekhawatiran tersebut senantiasa menghantui menjelang persalinan. Dalam hal ini dibutuhkan banyak pengetahuan dan informasi untuk membantu menghilangkan kecemasan menjelang detik-detik persalinan. Selain itu juga, ibu hamil sebaiknya tetap menjaga pola hidup sehat. Nah, yang akan penulis ulas kali ini yaitu manfaat jalan kaki pagi bagi ibu hamil untuk lancarkan proses persalinan.

Jalan kaki pagi merupakan sebuah aktivitas kecil yang terlihat sepele, namun tahukah Anda jika hal ini dilakukan secara rutin selama hamil maka sangat berguna untuk membantu melancarkan proses persalinan normal. Pada dasarnya jalan kaki pagi akan memmberikan ketenangan dan menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar. Kegiatan ini juga terbilang ringan sehingga aman dilakukan oleh ibu hamil di segala usia.

Nah, Berikut Ini Manifaat Jalan Kaki Pagi Bagi Ibu Hamil Untuk Lancarkan Proses Persalinan

  • Menjaga Kebugaran

Jalan kaki pagi yang dilakukan secara teratur selama hamil tentunya akan memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu meminimalisir keluhan dan menjaga kebugaran tubuh ibu hamil. Kondisi tubuh ibu hamil yang bugar tentunya akan memberikan manfaat pada saat mengejan dalam proses persalinan. Bahkan jika ibu hamil rutin melakukan senam yoga maka akan mempermudah proses persalinan.

  • Memperkuat Otot

Jalan kaki pagi yang dilakukan pada trimester ketiga kehamilan tentunya akan membantu dalam mempersiapkan persalinan normal. Pengaruhnya secara langsung akan memperkuat otot-otot yang dibutuhkan dalam menunjang persalinan. Dalam sebuah riset menemukan gerakan ringan atau senam yang dilakukan oleh ibu hamil akan berdampak langsung dalam memperkuat otot-otot terutama pada bagian panggul untuk kelancaran persalinan.

  • Meminimalisir Resiko Kehamilan Bermasalah

Kehamilan yang bermasalah sangat beresiko terjadinya keguguran. Nah, rutin melakukan gerakan ringan seperti jalan kaki akan membantu untuk menekan resiko tersebut.

  • Menjaga Berat Badan Ideal Menjelang Persalinan

Kelebihan berat badan akan memberikan dampak buruk bagi perkembangan janin dan mempersulit persalinan. Manfaat dari rutin jalan kaki pagi akan membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik sehingga hal ini meminimalisir penumpukan lemak yang menjadi penyebab berat badan tak terkontrol.

  • Menghindari Stres Fisik dan Mental

Latihan fisik yang dilakukan oleh ibu hamil akan memicu pengeluaran hormone endorphin. Hormon tersebut akan memberikan efek menenangkan secara psikologis/mental. Bahkan hal ini juga akan memberikan pengaruh dalam mengatasi stres fisik.

  • Memperbaiki Kualitas Tidur

Sulit tidur merupakan salah satu keluhan yang paling mengganggu pada waktu hamil. Olahraga teratur yaitu salah satunya dengan jalan kaki pagi akan membantu untuk mengatasi keluhan itersebut sehingga ibu hamil memperoleh kualitas tidur yang baik. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517