Manfaat Ikan Salmon dan Ikan Tuna Untuk Perkembangan Anak

Ikan merupakan sumber makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Salah satu jenis ikan yang terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yaitu ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang lezat. Manfaat ikan salmon untuk kesehatan sangat banyak, salah satunya yaitu untuk meningkatkan kecerdasan otak. Ikan salmon sangat dianjurkan untuk anak-anak dalam mengoptimnalkan perkembangannya.

Selain salmon, ada jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah pentingnya bagi perkembangan anak yaitu ikan tuna. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tuna sangat banyak seperti vitamin A, selenium, magnesium, vitamin B kompleks dan omega-3. Manfaat ikan tuna yaitu untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk menambahkan ikan tuna maupun salmon ke dalam menu makanan anak.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Perkembangan Anak

Salmon sering disebut dengan istilah raja dari segala ikan karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 pada ikan salmon melebihi kandungan pada ikan-ikan yang lain. Ikan jenis ini sangat cocok untuk bayi dalam mengoptimalkan perkembangan otaknya. Nutrisi yang terdapat pada salmon bermanfaat  untuk mengoptimalkan perkembangan saraf, mata dan otak. Anda bisa menambahkan ikan salmon ke dalam menu makanan si kecil setiap harinya.

Manfaat ikan untuk anak yang selanjutnya yaitu untuk mencegah penyakit jantung koroner. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit jantung koronenr bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Penyakit tersebut terjadi akibat adanya penyumbatan pada arteei oleh lemak sehingga mengakibatkan aliran darah terganggu. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan anak dari kecil bisa dilakukan dengan memberikan ikan salmon secara rutin.

Manfaat Ikan Tuna

Seperti halnya ikan salmon, tuna merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan lemak omega-3 untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Manfaat ikan tuna sangat banyak sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memberikan pada anak dalam menunjang tumbuh kembangnya. Berikut beberapa manfaat ikan tuna bagi anak.

  • Meningkatkan kecerdasan

Kandungan omega-3 yang terdapat pada tuna bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan tuna untuk menunjang kecerdasan janin di dalam kandungan. Selain itu, ketika anak mulai tumbuh dan sudah diperkenalkan dnegan makanan pendamping ASI, maka ikan tuna bisa menjadi salah sayu pilihan untuk menu makan akan dalam mengoptimalkan perkembangan kecerdasa otaknya.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh anak

Ikan tuna mengandung omega-3 yaitu DHA yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Menurut sebuah riset bahwa anak-anak yang diberikan ikan tuna secara rutin memiliki sistem kekebalan tubuh setingkat lebih baih daripada anak yang tidak pernah mengkonsumsi ikan tersebut.

  • Fokus dan penglihatan

Ibu hamil yang mencukupi kebutuhan DHA selama hamil akan berpengaruh terhadap kemampuan fokus anak. Selain itu, kandungan DHA pada ikan tuna juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata sehingga mengoptimalkan perkembangan penglihatan.

  • Mencegah penyakit kulit

Anak yang emngkonsumsi ikan tuna secara rutin akan terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit. Kandungan omega-3 tidak hanya berpengaruh terhadap kecerdasan, akan tetapi terhadap kesehatan anggota tubuh yang lainnya.

Ikan salmon dan tuna adalah jenis ikan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dibandingkan dengan ikan jenis lainnya. Selain itu, jenis ikan tersebut sangat rendah kandungan merkuri sehingga am,an untuk anak. Oleh karena itu Anda tidak perlu ragu lagi untuk menyajikan makanan tersebut bagi anak dalam melengkapi kebutuhan gizi dalam tiap tahap perkembangannya.

Related Posts

Share This