Manfaat DHA Sebagai Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah saat-saat yang paling penting bagi seorang wanita untuk menjaga asupan nutrisi. Perlu Anda ketahui bahwa setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Maka dari itu untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, penting sekali memperhatikan asupan nutrisi untuk ibu hamil.

Nah, terkait dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil, omega-3 dan DHA merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling penting bagi kehamilan dan menujang kecerdasan janin. Lalu apa saja sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut dan apa manfaatnya untuk janin?

DHA untuk ibu hamil merupakan zat yang berguna dalam memacu pertumbuhan mata dan otak janin. Nah, maka dari itu bagi Anda yang menginginkan seorang bayi yang cerdas, konsumsilah makanan yang mengandung DHA maupun omega-3 selama hamil.

Manfaat DHA Untuk Ibu Hamil

  1. Perkembangan indera penglihatan

Salah satu manfaat DHA untuk ibu hamil yaitu menunjang perkembangan indera penglihatan pada bayi. Nutrisi yang satu ini sebaiknya lebih banyak dikonsumsi pada waktu usia kehamilan trimester kedua dan ketiga supaya si kecil memiliki ketajaman visual yang bagus.

  1. Perkembangan otak bayi

DHA merupakan nutrisi penting bagi otak bayi. DHA berperan penting dalam menunjang dan mencerdaskan otak bayi. Asupan DHA yang mencukupi akan menunjang pembentukan IQ yang lebih baik pada bayi Anda.

  1. Berat badan bayi

Ibu hamil yang mendapatkan asupan DHA mencukupi akan melahirkan seorang bayi dengan berat mbadan ideal. Disamping itu, DHA beroeran penting dalam mencegah terjadinya kelahiran prematur atau cacat.

Makanan Sumber DHA

Setelah mengetahui manfaat DHA untuk kehamilan, maka Anda juga perlu mengetahui sumber makanan yang mengandung DHA. Apa saja sumber makanan yang mengandung DHA? Berikut penjelasannya!

  • Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan DHA tertinggi yaitu 2000 – 3000 mg per ons. Ikan salmon yang berasal dari laut lebih baik bila dibandingkan dengan ikan salmon tambak.

  • Ikan tuna

Tuna termasuk ikan yang mengandung DHA cukup tinggi setelah salmon. Tuna sirip biru dan putih merupakan jenis yang mengandung DHA cukup tinggi.

  • Ikan teri dan sarden

Sarden dan ikan teri mengandung  omega-3 cukup tinggi. Konsumsi jenis ikan yang satu ini selama kehamilan sangat berguna dalam menunjang kecerdasan otak janin.

  • Air susu ibu (ASI)

Untuk mengoptimalkan kecerdasan bayi setelah lahir maka berikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan. Perlu Anda ketahui bahwa ASI merupakan sumber DHA terbaik untuk kecerdasan dan pertumbuhan bayi.

Itulah manfaat dan sumber makanan yang mengandung DHA untuk ibu hamil. Konsumsilah makanan tersebut secara teratur selama hamil.

Related Posts

Share This