Manfaat Daun Sambiloto Untuk Pengobatan Kanker

Manfaat daun sambiloto. Daun sambiloto, salah satu jenis tanaman yang memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dalam proses pengobatan penyakit kanker. Sambiloto sendiri merupakan tanaman yang sangat mudah untuk di temukan, terlebih di Indonesia sendiri, merupakan negara tropis yang memiliki tanah yang cukup subur.

Tanaman ini bisa Anda kenali dari ciri fisiknya yang memang berdiri dengan tegak, bahkan dengan ketinggiannya yang bisa mencapai hingga 90 cm. Di asia sendiri, tanaman jenis ini mulai banyak beredar di mana-mana, bahkan mudah untuk di temukan.

Sambiloto sendiri akan tumbuh dengan subur ketika curah hujan mencapai angka 2000–3000 mm setiap tahunnya, dengan suhu udara yaitu dari 25 sampai 32 derajat celcius, serta akan tumbuh juga pada ketinggian 700 meter dpl.

Itulah salah satu alasan mengapa tanaman ini tumbuh dengan subur di negara Indonesia. Bahkan, untuk beberapa daerah di Indonesia, tanamna ini juga di kenal dengan nama yang bermacam-macam, seperti dari Andiloto di Jawa Tengah, Pepaitan di Madura, Ki oray di sunda, Ampadu tanah di Sumatera, dan lainnya.

Daun sambiloto sendiri memiliki kandungan andrographolide, kandungan tersebut paling banyak terdapat di bagian daunnya, dan paling sedikit kandungannya pada bagian biji. Nah, kandungan inilah yang menjadikan daun sambiloto ini memiliki rasa yang sangat pahit.

Ada juga beberapa zat lainnya yang memang terkandung di dalam daun sambiloto, seperti andrographan, diterpen lactone, homoandrographolide, andrographosterin, andrographon, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk aktifitas farmakologinya, mencakup hal sebagai anti-tumor, anti-kanker, anti-inflamasi, analgesik, diuretik, stomakik, anti-hipertensi, hipoglikemia, abortif, vermisida, dan juga anti-HIV.

Dari beberapa percobaan yang memang telah di lakukan secara in vitro terhadap sel-sel kanker, terbukti bahwa kandungan senyawa andrographolide yang ada di dalam daun sambiloto ini mampu bekerja dengan baik dalam menghambat pertumbuhan sel kanker juga tumor.

Kemampuan anti-kanker yang memang terkandung dalam daun sambiloto ini terungkap dalam proses percobaan yang telah di lakukan oleh beberapa ahli, dimana daun sambiloto ini terbukti mampu melawan sejumlah sel kanker skuamosa serta sejumlah sel limfosit yang memang sudah terkena leukemia.

Penelitian lainnya yang memang telah di lakukan di Jepang juga memberikan laporan , bahwa jenis tanaman ini juga mampu menghentikan aktifitas sel kanker yang ada di dalam lambung. Dan pada penelitian yang lainnya, daun sambiloto ini juga diyakini mampu menghambat pertumbuhan sel tumor.

Cara untuk pengobatannya tidaklah begitu sulit, bahkan pengobatan kanker dengan menggunakan daun sambiloto terbilang merupakan cara yang sederhana namun efektif. Anda hanya cukup menyiapkan daun sambiloto yang masih ada dalam keadaan segar, setelah itu rebuslah dengan menggunakan air mendidih.

Dan setelah itu, air rebusan dari daun sambiloto ini bisa Anda konsumsi secara rutin dan teratur, paling tidak 2-3 kali dalam satu hari. Di samping itu, Anda juga dianjurkan untuk tetap melakukan konsultasi dengan pihak ahli.

Related Posts

Share This