Manfaat Daun Katuk Untuk Melancarkan ASI

Resep tradisional ini memang telah terbukti secara ilmiah. Namun untuk mengolah resep tradisional ini haruslah tepat, agar lebih efektif. Apalagi jenis daun ini merupakan daun yang sangat bermanfaat untuk ibu yang tengah menyusui.

Berdasarkan ungkapan para ahli, agar produksi ASI tetap lancar, maka Anda bisa mengkonsumsi daun katuk yang memang di campurkan dengan santan. Bahkan cara ini juga berlaku untuk proses pengolahan sayuran berdaun hujau lainnya, seperti bayam juga daun singkong.

Berdasarkan hasil dari penelitian, daun katuk yang memang di olah dengan campuran santan akan jauh lebih efektif melancarkan ASI daripada daun katuk yang di olah bening.

Walaupun khasiat daun katuk untuk memperlancar ASI, namun bukan berarti jenis-jenis makanan lainnya tidak bisa melancarkan ASI. Justru penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang baik guna melancarkan produksi ASI Anda. Apalagi, menurut Food and Nutrition Board, National Academy of Sciences-National Research Council di Amerika, seorang ibu yang tengah menyusui sangat membutuhkan tambahan asupan gizi, dikarenakan merka harus menyediakan sekitar 800-100 cc ASI.

Dan berikut ini ada beberapa asupan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan ketika tengah menyusui, yaitu:

  1. Energi menjadi 500 Kkal
  2. Protein, 20 gram; vitamin A: 400 ug
  3. Vitamin D: 5 ug; vitamin E: 3 mg
  4. Vitamin C: 40 mg
  5. Vitamin B1: 0,5 mg
  6. Vitamin B12: 1.0 ug
  7. Kalsium: 400 mg
  8. Fosfor: 400 mg
  9. Magnesium: 150 mg
  10. Besi: 30-60 mg
  11. Seng: 10 mg
  12. Iodium: 50 ug

Itulah sejumlah penambahan asupan gizi juga nutrisi yang harus bisa terpenuhi oleh seorang ibu hamil. Mungkin hal ini terlihat merumitkan kita, namun sebenarnya sangat mudah untuk kita jalankan. Mengapa? Karena penambahan asupan gizi juga nutrisi ini bisa Anda peroleh dari 600 cc susu atau bahkan 2-3 gelas susu sapi setiap hari.

Susu yang memang memiliki formula yang baik khusus diperuntukkan ibu hamil juga ibu menyusui telah banyak beredar di pasaran. Namun ketika Anda memilih jenis susu untuk menyusui, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu kandungan zat juga nutrisi yang ada di dalamnya. Sebelum membeli Anda bisa mengecknya di bagian kemasan produk susu. Jika ibu tidak menyukai olahan produk susu sapi, itu tidak akan menjadi satu masalah yang besar. Karena yang terpenting adalah, Anda tetap bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki asupan gizi yang baik.

Nah, itulah beberapa hal mengenai manfaat daun katuk bagi ibu menyusui yang harus Anda ketahui juga pahami. Semoga dengan adanya artikel yang kami posting kali ini, bisa sangat membantu Anda dalam memperlancar produksi ASI Anda untuk si kecil.

Related Posts

Share This