Manfaat dan Sumber Vitamin D Untuk Anak

Sumber vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses penyerapan kalsium kedalam tulang. Pada masa tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan vitamin D untuk menjaga kesehatan otot dan memperkuat tulang. Vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari dan berbagai jenis makanan sehat.

Jenis makanan yang menyediakan vitamin D yaitu yoghurt, keju, salmon, minyak ikan, telur dan hati sapi. Namun sumber vitamin D yang paling banyak hanya terdapat dalam sinar matahari pagi, Maka dari itu, ntidak ada salahnya jika mengajak si kecil berjemur beberapa menit pada pagi hari untukmendapatkan manfaat vitamin D dari matahari.

Salah satu fungsi vital vitamin D yaitu memvbantu tubuh dalam menyerap kalsium kedalam tulang. Disamping itu, vitamin D diperlukan oleh sistem imun tubuh untuk melawan infeksi virus. Asupan vitamin D yang mencukupi terbukti bisa mencegah penyakit osteoporosis pada orang dewasa dan penyakit rakhitis pada anak-anak.

Bahkan anak-anak yang mendapatkan asupan vitamin D mencukupi akan terhindar dari resiko penyakit diabetes tipe 1. Dalam sebuah riset menemukan abhwa kekurangan vitamin D bisa memicu berbagai penyakit pada anak dan bahkan memperparah gejala asma. Selain itu, kekurangan vitamin D bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Tubuh manusia secara otomatis bisa menghasilkan vitamin D ketika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Inilah sumber vitamin D terbaik dan paling alami yang baik untuk si kecil dalma masa pertumbuhannya. Maka dari itu para pakar kesehatan menganjurkan supaya para orangtua membiarkan anak-anak mereka berjemur dibawah paparan sinar matahari pagi selama beberapa menit.

Waktu terbaik untuk berjemur dipagi hari yaitu dibawah pukul 10 atau lebih tepatnya jam 07.00 – 08.00. Hal ini karena paparan sinar matahari di siang hari justru akan membahayakan kesehatan dan bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit si kecil.

Adapun sumber makanan yang emngandung vitamin D yaitu diantaranya ikan salmon, ikan todak dan makarel. Dalam setiap 3 ons salmon mencukupi sekitar 200% kebutuhan vitamin D harian untuk tubuh. Jenis ikan lain yang tinggi kandungan vitamin D yaitu sarden, kuning telur, jamur, minyak ikan cod dan margarine.

Sumber vitamin D terbilang nutrisi yang paling mudah diperoleh. Bahkan Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan tertentu, cukup dengan rutin berjemur setiap pagi maka bisa mencukupi beberapa persen kebutuhan vitamin D untuk tubuh.

Pada tahap tumbuh kembangnya, asupan vitamin dan nutrisi lainnya untuk anak menjadi aspek penting yang harus tercukupi dengan baik. Kekurangan nutrisi sangat beresiko terhadap kesehatan dan bahkan menghambat pertumbuhan si kecil. Oleh karena itu, hal ini sepatutnya harus menjadi perhatian setiap orangtua.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517