Manfaat dan Cara  Membuat Masker Tomat

Tomat adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Amerika tengah dan selatan. Tomat tergolong sebagai jenis tanaman yang memiliki siklus hidup singkat. Biasanya tomat dijadikan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Selain itu, tomat biasanya diolah menjadi jus yang segar dan kaya akan manfaat untuk kesehatan. Nah, disamping itu ternyata tomat juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Banyak orang yang menjadikan tomat sebagai masker wajah. Masker tomat ini terbilang sangat ampuh untuk mengatasi permasalhan seputar kulit wajah.

Tomat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral. Tomat juga sangat tinggi akan kandungan antioksidan untuk mencegah radikal bebas pemicu kerusakan pada kulit wajah. Tomat juga mempu mengontrol minyak pada bagian wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat. Dalam 100 gram tomat terdapat kandungan vitamin A sekitar 17%, vitamin C 21%, serat, zat besi, kalori, gula dan protein.

Berikut Ini Manfaat Masker Tomat

  • Mengecilkan pori-pori kulit

Bagi Anda yang memiliki masalah seputar kulit wajah seperti pori-pori yang tampak besar, penggunaan masker tomat sangat efektif untuk mengatasi hal tersebut. Terlebih lagi jika tomat dikombinasikan dengan air perasan jeruk lemon.

  • Membersihkan kulit wajah

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah, gunakan masker tomat secara teratur dengan kombinasi buah alpukat. Namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya berhati-hati karena tomat mengandung banyak asam.

  • Menghilangkan jerawat dan flek hitam

Tomat mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Nah, penggunaan masker tomat secara teratur akan menghilangkan noda hitam serta mengatasi jerawat.

  • Mengatasi kulit berminyak

Produksi minyak berlebih akan membuat kulit wajah nampak kusam dan rentan terhadap jerawat, komedo dan penumpukan sel-sel kulit mati. Untuk mengatasi kulit berminyak, gunakan masker tomat secara rutin. Vitamin C, vitamin A dan asam amino pada tomat akan meminimalisir kelebihan minyak pada bagian wajah.

  • Mencerahkan kulit

Kulit putih dan cerah adalah dambaan setiap orang. Nah, untuk memperoleh kulit seperti itu, Anda bisa menggunakan masker tomat yang dikombinasikan dengan madu murni. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penggunaan masker tomat harus rutin dan teratur.

Cara Membuat Masker Tomat

Untuk membuat masker tomat sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda cukup menghaluskan buah tomat dengan cara di blender seperti halnya membuat  jus. Jika sudah benar-benar halus maka oleskan pada bagian wajah secara merata. Untuk memperoleh khasiat yang lebih baik, Anda bisa mengkombinasikan tomat dengan beberapa bahan alami lainnya seperti air lemon, madu, buah alpukat, oatmeal, susu cair dan beberapa bahan lainnya.

Sebelum diolah menjadi masker, pastikan tomat yang Anda gunakan benar-benar bersih dan terbebas dari bahan kimia seperti pestisida. Hal ini untuk mencegah iritasi dan infeksi akibat bakteri yang ikut serta dalam buah tomat. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This