Manfaat dan Cara Membuat Bayi Sendawa

Bayi sendawa. Setelah menyusu atau pada kondisi lain bayi kadang bersendawa. Anda tidak perlu panik dengan kondisi tersebut karena merupakan hal yang wajar. Seperti halnya pada orang dewasa, sendawa bisa dialami oleh bayi sebagai tanda bahwa sudah memperoleh makanan dalam jumlah cukup. Namun, pada beberapa kasus, ada bayi yang sendawa disertai dengan muntah/gumoh.

Perlu Anda ketahui bahwa pada ujung akhir saluran pencernaan memiliki otot yang berfungsi untuk menahan makanan atau mengatur fungsi isi perut. Proses tersebut disebut dengan mekanisme ventil. Namun mekanisme tersebut belum sepenuhnya berfungsi dengan sempurna pada bayi.

Sendawa pada bayi merupakan proses alamiah dan tahukah Anda bahwa sendawa ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan bayi. Ketika proses menyusui berlangsung, ada sebagian udara yang ikut masuk ke dalam perut bayi sehingga terkadang menyebabkan kembung. Kondisi tersebut tentunya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Nah, dengan proses sendawa tersebut akan membantu mengeluarkan udara yang ikut masuk ketika proses menyusu.

Sendawa memiliki manfaat bagi kesehatan bayi yaitu membantu mengatasi perut kembung. Dengan membantu menyendawakan bayi maka sangat berguna untuk mengurangi gelembung udara yang mengakibatkan bayi merasa tidak nyaman. Disamping itu, dengan bersendawa maka akan mencegah si kecil dari gumoh/muntah.

Manfaat lain dari sendawa yaitu untuk mengatasi rewel pada bayi akibat merasa tidak nyaman dengan perut kembung. Sendawa bisa terjadi pada bayi dengan sendirinya dan adapula dengan bantuan Anda untuk menyendawakan bayi.

Bayi yang berusia 0-9 bulan belum memiliki kemampuan untuk sendawa sendiri. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua harus membantu untuk menyendawakan dan mengeluarkan udara dari perut si kecil. Diperlukan posisi yang tepat untuk membuat si kecil bersendawa. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya!

Cara Membuat Bayi Bersendawa

  1. Posisi tengkurap di pangkuan

Salah satu cara untuk membuat si kecil bersendawa setelah menyusu yaitu menggunakan posisi tengkurap di pangkuan Anda. Tengkurapkan bayi dipangkuan kemudian Anda bisa menopang bagian dada bayi dengan tangan sehingga posisi kepala lebih tinggi dari tubuhnya. Kemudian usap-usap bagian punggung hingga bersendawa.

  1. Menghadap ke belakang

Gendong bayi dengan posisi menghadap ke belakang menopang paa bagian bahu Anda. Usahakan supaya posisi tubuh Anda tegak sehingga kepala bayi bersandar di bahu Anda. Gunakan tangan yang satu untuk menahan bokong si kecil dan tangan satu lagi untuk mengelus bagian punggung hingga bersendawa.

  1. Gendong depan

Cara selanjutnya yaitu dengan menggendong si kecil di bagian depan dengan menyangga di tengkuk dan bokong. Usahakan supaya kepala bayi lebih tinggi. Kemudian elus-elus secara perlahan hingga bayi Anda bersendawa.

Nah, itulah manfaat dan cara sederhama untuk membuat si kecil bersendawa. Kegiatan sendawa setelah menyusu merupakan hal penting untuk meminimalisir penumpukan udara di dalam perut.

Related Posts

Share This